Warga Aceh Berburu Koin Emas Harta Karun Kerajaan

Ilustrasi koin emas
Sumber :
  • REUTERS/ Baz Ratner
VIVAnews
Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK
- Warga Banda Aceh dihebohkan dengan penemuan harta karun di muara Sungai Doy, Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh. Harta karun berupa koin emas ini diyakini warga sebagai peninggalan kerajaan Aceh tempo dulu.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Koin emas bertuliskan huruf Arab gundul seukuran kancing baju ini ditemukan seorang wanita pencari tiram. Perempuan itu menemukan guci berisi koin emas, menjelang Magrib, Senin petang kemarin. Informasi itu kemudian mengundang rasa penasaran warga untuk datang dan berburu koin emas di lokasi.
Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil


"Sampai pukul 02.00 malam tadi masih ada warga yang mencari koin emas. Tadi pagi lebih ramai lagi orang yang datang mencari koin emas," kata Ramlah, warga Gampong Pande, Selasa, 12 November 2013.


Warga yang datang berbondong-bondong memadati lokasi penemuan harta karun. Mereka membawa peralatan seadanya untuk mencari koin emas. Ada yang membawa bejana, ada juga yang membawa saringan santan, tudung saji dan tangan. Warga menguji peruntungan untuk mendapatkan koin emas.


Rudi, seorang warga Lampaseh berhasil menemukan koin emas itu. Dia mengaku sejak Magrib kemarin sampai tengah malam menyusuri lokasi, dan berhasil menemukan tiga koin emas. Menurut dia, saat malam hari banyak warga yang turun ke dasar muara dengan berbekal alat penerang seperti lampu baterai dan senter.


"Diperkirakan masih banyak koin emas di sini. Makanya warga makin ramai datang," katanya.


Menurut Rudi, sejumlah kolektor telah membeli koin emas ini. Harganya ditawar antara Rp350 ribu hingga Rp900 ribu per keping. "Semalam harganya Rp250 ribu, sekarang ditawar lebih tinggi. Ada juga yang menjualnya ke toko emas," katanya.


Pantauan
VIVAnews
hingga menjelang sore, warga masih memadati lokasi tambak di kawasan Kampong Pande Banda Aceh, untuk mencari koin emas. Diperkirakan masih banyak koin emas di lokasi ini.


Dalam catatan sejarah, Gampong Pande merupakan kawasan industri andalan Kerajaan Aceh Darussalam, di bawah Dinasti Meukuta Alam. Kawasan temuan emas itu merupakan daerah perbengkelan, pengolahan batu, dan besi termasuk tempat membuat uang. Koin emas ini dipercaya warga merupakan peninggalan kerajaan Aceh. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya