Panglima TNI Pastikan Heli MI-17 Dalam Kondisi Baik

KSAD baru Letjen TNI Moeldoko
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews -
Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi
Panglima TNI, Jenderal Moeldoko memastikan bahwa Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat yang terjatuh di daerah Kecamatan Baku Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, dalam kondisi baik.

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Moeldoko menuturkan, kondisi mesin helikopter keluaran tahun 2010 itu dalam keadaan bagus, tidak mengalami kerusakan. Menurutnya, helikopter itu bahkan sempat transit di satu tempat sebelum akhirnya mengalami kecelakaan.
5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang


"Sebelum ke situ (lokasi kecelakaan), dari Tarakan menuju satu tempat, dia turun mengangkut orang terus terbang lagi, jadi kondisi
fix
baik," tutur Moeldoko, Senin 11 November 2013.


Helikopter itu sendiri diketahui sedang mengangkut barang-barang material yang akan digunakan untuk membangun pos keamanan di daerah yang berbatasan dengan Malaysia tersebut.


"Betul, membangun pos disana, makanya ada masyarakat sipil yang kita bawa untuk membantu di sana sebagai tukang," ungkap Moeldoko.


Helikopter MI-17 diketahui berangkat dari Tarakan, Kalimantan Utara, sekitar pukul 09.09 WITA Sabtu lalu menuju perbatasan Malaysia dengan mengangkut 1.800 Kg logistik untuk keperluan pembangunan pos perbatasan di Long Bulan atau daerah Tunjungan, Malinau melalui pos Apauping.


Seharusnya Helikopter MI-17 tiba di pos Apauping pada 10.06 WITA, tetapi hingga pukul 10.10 WITA pesawat belum mendarat.


Moeldoko mengungkapkan bahwa dugaan sementara penyebab helikopter itu jatuh karena terkena hembusan angin. Akibatnya, helikopter lepas kendali dan menabrak pohon. Heli tersebut kemudian jatuh terguling hingga terbakar. Dari kecelakaan tersebut, diketahui 13 orang meninggal dan 6 orang lainnya mengalami luka bakar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya