VIDEO: Pesawat Jabiru Karya Siswa SMK Ajukan Sertifikasi Layak Terbang

Pesawat Jabiru J 430 Karya Siswa SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews
Diduga Keracunan, Satu Keluarga Ditemukan Tewas Didalam Mobil
– Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 29 Jakarta mengajukan sertifikasi layak terbang bagi pesawat Jabiru J430 ke Kementerian Perhubungan. Pesawat rakitan siswa-siswi SMK 29 ini sudah diuji coba 10 kali dan belum menemui permasalahan berarti.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Barcelona vs PSG di Liga Champions

Jabiru sudah bisa diterbangkan sejak akhir 2011, dan uji coba dilakukan di lapangan terbang Pondok Cabe, Jakarta. Pesawat ini menjangkau jarak Jakarta-Surabaya dalam tiga jam menggunakan bahan bakar Pertamax Plus 30 liter. Pesawat kini berada di hanggar SMK 29 Jakarta untuk perawatan, penyempurnaan, dan perbaikan.
Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel


Lihat seperti apa pesawat Jabiru karya anak bangsa itu .


Jabiru J430 mampu mengangkut empat orang. Mesin yang digunakan untuk merakit pesawat ini berbahan aluminium sehingga ringan dan kuat. Sementara rangka pesawat menggunakan bahan karbon komposit yang ringan, kuat, dan mudah dirakit. Total berat pesawat ini adalah 350 kilogram. Ditambah empat penumpang, total beratnya hingga 750 kilogram.


Pesawat ini menggunakan 20 persen komponen lokal dan 80 persen komponen impor yang didatangkan dari Australia. Siswa-siswi SMK 29 diberi keleluasaan untuk memodifikasi Jabiru sesuai kebutuhan, misalnya agar fungsi terbang pesawat lebih optimal, dan pengendara dapat lebih nyaman mengemudikan pesawat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya