Eks Kepala SKK Migas Disuap untuk Menangkan Fossus Energy dalam Lelang

Komisaris Kernel Oil, Simon Gunawan Tanjaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Simon Gunawan Tanjaya, Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd, terancam hukuman penjara 5 tahun karena diduga menyuap mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

“Perbuatan yang dilakukan terdakwa itu supaya Rudi Rubiandini melakukan tugas yang bertentangan dengan kewajiban dan jabatannya,” kata Jaksa Surya Nelli saat membacakan dakwaan Simon di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 7 November 2013.

Simon diduga memberikan uang Sin$200 ribu dan US$900 ribu kepada Rudi melalui perantara Deviardi yang merupakan pelatih golf Rudi. Uang tersebut diberikan agar Rudi menggunakan jabatannya terkait pelaksanaan lelang terbatas minyak mentah dan kondensat bagian negara di SKK Migas.

“Pertama, menyetujui Fossus Energy Ltd sebagai pemenang lelang terbatas kondensat Senipah bagian negara tanggal 7 Juni 2013,” kata Jaksa Surya Nelli. Untuk diketahui, bos Kernel Oil dan Fossus Energy sama, yakni Widodo Ratanachaitong.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kedua, menyetujui kargo pengganti minyak mentah Grissik mix bagian negara untuk periode Februari-Juli 2013. Ketiga, menggabungkan lelang terbatas minyak mentah Minas/slc bagian negara dan kondensat Senipah bagian negara untuk periode Agustus 2013.

Keempat, menyetujui Fossus Energy Ltd sebagai pemenang pada lelang terbatas minyak mentah Minas/slc bagian negara dan kondensat Senipah bagian negara pada tanggal 4 Juli 2013 untuk periode Agustus 2013.

Kelima, menggabungkan tender kondensat Senipah dan minyak mentah Duri periode September-Oktober 2013. Keenam, menunda pelaksanaan tender kondensat Senipah periode September-Oktober 2013.

Atas perbuatannya, Simon didakwa Jaksa dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara dan denda paling berat Rp250 Juta. (eh)

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, merasa sangat khawatir tentang demonstrasi atau protes yang mendukung Palestina yang merebak di kampus-kampus Amerika Serikat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024