Letusan Sinabung Makin Intens, Pemkab Karo Buat Jalur Lahar

Letusan Gunung Sinabung.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVAnews – Pemerintah Kabupaten Karo membuat jalur lahar dari kawah Sinabung, Kamis 7 November 2013, untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi terkait dengan makin intensnya letusan gunung itu. Sejak September, gunung tertinggi di Sumatera Utara itu sudah beberapa kali meletus.

Letusan terakhir Sinabung tercatat pada Selasa, 5 November 2013. Saat itu Gunung Sinabung meletus selama 20 menit sekitar pukul 14.23 WIB. Kawah Sinabung memuntahkan material dari perut gunung. Abu vulkanik menyembur setinggi 3.000 meter dari kawah. Hari itu untuk pertama kalinya letusan Sinabung menyemburkan awan panas.

Desa Sukameriah yang berjarak 2,5 kilometer dari bibir kawah gunung di Dataran Tinggi Karo, kini telah dikosongkan. Seluruh warganya sudah mengungsi. Desa tersebut disiapkan untuk jalur lahar.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

“Jalur lahar disiapkan karena letusan Sinabung semakin sering. Jalurnya sepanjang 1 km dari kawah gunung melewati desa. Ini sesuai persetujuan warga,” kata Camat Payung Kabupaten Karo Sumatera Utara, Tony Sembiring.

Jalur lahar amat membantu jika terjadi letusan besar. Jalur tersebut dibuat agar lahar turund dari kawah gunung melalui jalur itu, sehingga pemukiman dan pertanian warga tidak rusak seluruhnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman lahar dari letusan Sinabung. “Letusan masih sering terjadi. Demi menghindari kemungkinan buruk, kami sarankan penduduk dari empat desa di kaki gunung mengungsi,” kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (sj)

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024