Erupsi Sinabung, PVMBG Rekomendasikan Relokasi Warga

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews
Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran
- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus pada Minggu, 3 November 2013. Sebanyak 1.293 jiwa warga sekitar 3 kilometer dari gunung dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Berpantun, Dubes Iran Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Rakyat Indonesia

Mereka yang mengungsi adalah warga Desa Mardinding, Desa Sukameriah, Desa Bekerah dan Desa Simacem. Pada malam hari jumlah pengungsi dipastikan bertambah. Tapi, jumlahnya masih dalam pendataan petugas.
Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal


Letusan Gunung Sinabung pada hari Minggu terjadi pada 01.26 WIB. Tinggi abu vulkanik yang dikeluarkan gunung tersebut mencapai 7.000 meter dengan arah angin ke barat. Pada 16.15 WIB, Sinabung kembali bergejolak dan memuntahkan abu kehitaman.


Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sepanjang hari Minggu ini terjadi 12 kali gempa vulkanik dalam, dan tiga kali gempa frekuensi rendah. Kemudian lima kali gempa hembusan asap, empat kali gempa tektonik jauh, dua kali gempa vulkanik dangkal dan tremor menerus hingga kini.


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto mengatakan, selama dua pekan ini, Gunung Sinabung memang kerap meletus. Statusnya saat ini bahkan sudah ditingkatkan menjadi Siaga.


Meski hanya asap hitam keabuan yang saat ini keluar dari perut gunung itu, tapi PVMBG melakukan kajian untuk memastikan karakter letusan Gunung Sinabung, terutama terkait kemungkinan letusannya yang bersifat magmatik.


Karena itu, PVMBG merekomendasikan untuk merelokasi warga yang tinggal di kaki Gunung Sinabung. Tidak hanya mengungsikan warga saat gunung tersebut erupsi.


"Kita belum tahu, kita tunggu perkembangan. Meski rekomendasi jangka panjang, warga yang langsung berhadapan dengan mulut kawah Sinabung harus direlokasi," katanya Hendrasto kepada
VIVAnews.


Hendrasto menambahkan, warga harus direlokasi keluar dari daerah peta rawan bencana. Meski tidak ada kepastian, potensi bahaya dipastikan akan meningkat di sekitar 3 kilometer dari Gunung Sinabung. "Pada 2010, PVMBG juga sempat merekomendasikan relokasi," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya