Gunung Sinabung Meletus Lagi, 1.293 Warga Dievakuasi

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVAnews - Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus, Minggu sore, 3 November 2013. Petugas TNI yang berada di Desa Bekerah berjarak 2 km dari puncak kawah melaporkan letusan tersebut.

Sebanyak 1.293 jiwa warga sekitar Gunung Api Sinabung telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman pasca letusan Minggu dini hari. Sebanyak 891 warga Desa Mardinding mengungsi ke Jambor di Kecamatan Tiga Dreket. Sekitar 402 jiwa pengungsi dari Desa Sukameriah dievakuasi ke Jambor GPKP Payung dan Masjid Payung.

Saat ini warga di Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sukameriah sedang bersiap-siap mengungsi ke Namanteran. Jumlah warga yang akan mengungsi masih dalam pendataan petugas.

Belum semua warga di empat desa di radius 3 km mengungsi sesuai rekomendasi PVMBG Badan Geologi. Warga masih banyak yang berada di rumahnya. Aparat TNI dan Polri saat ini berpatroli di Desa Bekerah.

Saat ini Gunung Api Sinabung masih mengeluarkan asap hitam dari puncak kawah. Gunung tertutup awan bercampur dengan asap kehitaman dan gerimis. Aktivitas gunung masih menunjukkan peningkatan.

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sepanjang hari Minggu ini terjadi 12 kali gempa vulkanik dalam, dan tiga kali gempa frekuensi rendah. Kemudian lima kali gempa hembusan asap, empat kali gempa tektonik jauh, dua kali gempa vulkanik dangkal dan tremor menerus hingga kini.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengaku telah menyampaikan saran kepada Bupati Karo agar segera mengadakan rapat koordinasi dengan semua unsur terkait, menetapkan status keadaan darurat dan pos komando dan komandan tanggap darurat.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Selanjutnya melaksanakan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Semua kendaraan penanggulangan bencana di BPBD Sumut dikerahkan ke Sinabung untuk melakukan penanganan darurat.

Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024