Bila Hakim Sindir Ahmad Fathanah di Depan Istri

Fathanah dan Septi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Persidangan kasus suap pengurusan kuota daging sapi impor di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, tidak selalu menegangkan. Majelis Hakim selalu punya cara untuk mencairkan suasana ruang sidang. Hakim yang paling gemar menggoda terdakwa dan saksi-saksi adalah Hakim Nawawi.

Hal itu misalnya terjadi pada persidangan terdakwa Luthfi Hasan Ishaaq, 28 Oktober 2013. Ketika itu istri terdakwa Ahmad Fathanah, Septi Sanustika, dihadirkan sebagai saksi untuk Luthfi. Mengetahui Septi adalah pemain sinetron dan penyanyi, Hakim Nawawi pun bertanya.

"Anda bilang tadi berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Bukannya Anda artis?" tanya Hakim Nawawi kepada Septi di persidangan. Septi pun membenarkan ucapan Hakim. “Iya, saya penyanyi,” kata dia.

Septi menjelaskan, dia sudah menjadi penyanyi dangdut sejak sebelum menikah dengan Fathanah. Namun setelah menikah, dia jarang menerima tawaran manggung karena fokus mengurus keluarga. Seperti diketahui, Septi memang baru kembali aktif bernyanyi setelah Fathanah ditangkap KPK.

Hakim Nawawi kembali bertanya, “Pernah ditawari nyanyi oleh Fathanah? Misalnya nyanyi di kampanye-kampanye partai begitu?” Septi menjawab, “Tidak pernah.”

Mendengar jawaban Septi, Hakim Nawawi pun berseloroh. “Kalau punya istri penyanyi, buat apa suami cari artis lain untuk nyanyi-nyanyi di kampanye?” kata dia. Seisi ruang sidang langsung riuh tetawa, begitu pula Septi.

Hakim Nawawi seakan menyindir Fathanah yang sering mengirim uang kepada artis Ayu Azhari. Menurut pengakuan Fathanah, uang itu untuk membayar Ayu sebagai penyanyi dalam berbagai kampanye Partai Keadilan Sejahtera.

Septi sendiri ketika bertemu Fathanah di pengadilan, jarang menampakkan raut wajah kesal meski suaminya itu sudah ketahuan sering memberi harta dan uang pada wanita-wanita lain.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Senin kemarin contohnya, begitu memasuki ruang tunggu terdakwa, Septi langsung mencium tangan dan pipi Fathanah. Dia santai saja melihat Fathanah. Sementara Fathanah tertawa dan tersenyum-senyum senang melihat Septi.

Namun saat Fathanah masih membacakan nota pembelaan atau pledoi terkait kasus suap dan pencucian uang yang menjeratnya, Septi memilih untuk meninggalkan ruang sidang. Ia tak mau menunggu Fathanah selesai membaca pledoi karena merasa kasihan.

Septi tampak mengusap air mata di luar ruang sidang. “Saya menangis karena kasihan sama Bapak. Dia kan punya bayi juga. Saya doakan saja yang terbaik,” kata Septi. Ia tak berkomentar banyak apabila Fathanah nantinya sampai divonis 17,5 tahun penjara seperti tuntutan jaksa. “Saya sebagai istri mendukung Bapak saja,” kata dia.

Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024