Penembakan Polisi, 8 Pelaku yang Terlibat Ditangkap

Penggeledahan kos tersangka teroris Bandung
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews
Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week
- Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap delapan terduga teroris yang masuk dalam kelompok Abu Roban. Kelompok ini diperkirakan mengetahui aksi penembakan terhadap anggota polisi di Pondok Aren, Cirendeu dan Pamulang beberapa waktu lalu.

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

"Sudah delapan orang kita ditangkap. Kemarin enam orang dan dua tersangka lagi ditangkap di Bima dan Sulawesi Selatan," kata Kapolri Komjen Sutarman, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2013.
Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua


Sementara dijelaskan Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie,

dua tersangka diduga mengetahui aksi penembakan, berdasarkan bukti yang dikumpulkan. Mereka adalah Nurul Haq dan Hendi Albar. Ini berdasarkan keterangan dari Topan yang sudah ditangkap sebelumnya.


"Densus 88 berupaya mencari, karena sudah diketahui kelompoknya dari Abu Roban," katanya.


Beberapa penangkapan terhadap terduga teroris kelompok Abu Roban dilakukan di Yogyakarta, Kebumen, Tangerang, Bone, NTB. Seluruh tersangka saat ini masih dikembangkan keterlibatannya.


Khusus untuk pelaku yang tertangkap di Bone, diperkirakan terlibat kasus penembakan pada 2005 terhadap lima anggota Brimob di Ambon dan juga kasus-kasus lain.


"Sedang kita kembangkan agar segera terungkap seluruh kasus penembakan yang terjadi di Jakarta," katanya.


Selain terlibat aksi penembakan, kelompok teroris Abu Roban diketahui terlibat perampokan di Medan dan perampokan yang baru-baru ini terjadi di Jakarta Timur.


"Apakah ini terkait dengan pendanaan teroris, yang jelas ada pembuktian jika kegiatan mereka ada kaitannya untuk pencarian dana. Untuk menyiapkan kegiatan-kegiatan teror berikutnya," katanya lagi.


Saat ini polisi sedang memburu dua orang yang diduga sangat dekat dengan aksi penembakan anggota polisi di Jakarta. Namun demikian, hingga kini belum diketahui data secara rinci terkait dua DPO ini.


"Delapan orang ini termasuk yang ditangkap di Sumedang. Sebenarnya nama-nama itu sudah pernah diekspos dan silahkan melihat dari pemberitaan sebelumnya," katanya.


Disampaikan Ronny, sebenarnya sejak Januari hingga saat ini, polisi telah menangkap 32 terduga dalam kasus terorisme. Meski begitu, diperkirakan ada pelaku lain yang masih berkeliaran dan diduga sebagai pelaku dalam kasus penembakan terhadap anggota polisi.


"Tapi sedang kita selidiki karena tidak mungkin hanya berdua saja. Perencanaan penembakan ini bisa saja dilakukan bersama-sama," katanya.  (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya