Akhirnya, Loyalis Anas Siap Penuhi Panggilan KPK

Mantan kader Partai Demokrat, Tridianto (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/Arief Hidayat
VIVAnews -
Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun
Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Cilacap, Jawa Tengah, Tri Dianto, Senin 28 Oktober 2013, siap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Tri akan dimintai keterangan sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek Hambalang, yang menjerat mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.
Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora


"Iya. Jadi hari Senin tanggal 28 Oktober 2013 surat panggilan kedua sudah saya terima," kata Tri kepada
VIVAnews
.


Tri berjanji akan bersikap kooperatif apabila KPK meminta maaf atau mengirim surat panggilan cukup satu alamat yaitu tempat tinggal istri pertamanya, di Desa Gentasari RT 8/RW 3, Kroya, Cilacap. Karena salah satu permintaannya itu dipenuhi, maka ia tidak keberatan memenuhi panggilan KPK.


"Maka pada hari Kamis besok tanggal 31 Oktober 2013 saya siap untuk hadir memenuhi panggilan KPK. Jadi saksi untuk tersangka atas nama Anas Urbaningrum," ujarnya.


Tri menegaskan akan memberikan kesaksian sejujur-jujurnya apa yang dia ketahui di hadapan penyidik.


Namun sampai hari ini, dia tidak meyakini keterlibatan tokoh yang sekarang menjabat sebagai Ketua Presidium Organisasi Masyarakat (Ormas) Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) itu dalam kasus tersebut.


"Ya nanti kita akan menjelaskan kepada penyidik KPK. Dan tetap dari awal kasus ini muncul saya tetap berkeyakinan Anas tidak terlibat dalam kasus Hambalang. Meskipun Hambalang dan kongres selalu dikaitkan dengan Anas," tuturnya.


Sebelumnya, Tri menolak memenuhi panggilan KPK. Bahkan, dirinya menuntut lembaga tersebut meminta maaf karena surat panggilan dikirim ke rumah istri-istrinya.


Surat panggilan dia terima 14 Oktober 2013, dipanggil untuk hari Jum'at 18 Oktober 2013, pukul 10.00 WIB untuk menjadi saksi dengan tersangka Anas Urbaningrum.


"Sudah mengganggu privasi dan kenyamanan keluargaku dan kalau KPK tidak minta maaf di media, saya besok hari Jumat, 18 Oktober 2013 tidak akan memenui panggilan KPK," kata Tri ketika itu. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya