Gunung Sinabung Meletus Lagi, Wanita dan Anak-anak Diungsikan

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews
Gadis ABG Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel Jaksel, Polisi Temukan Senpi dan Alat Bantu Seks
- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus lagi Jumat malam, 25 Oktober 2013, sekitar pukul 21.30 WIB. Terdengar gemuruh dari gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.460 meter itu.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Abdi Tarigan, warga yang tinggal di kaki Gunung Sinabung mengatakan, suara dentuman terdengan dari puncak gunung tertinggi di Sumatera Utara itu. Hal ini membuat warga berhamburan keluar rumah.
MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024


"Suara dentuman keras membuat warga di sekitar kaki gunung panik dan langsung siaga. Kami bersiap untuk mengungsi," katanya.


Menurut Abdi, warga tidak dapat melihat apakah ada larva pijar dari puncak Sinabung karena kabut tebal.  Warga khawatir karena tidak dapat melihat asap yang dikeluarkan dari gunung yang Kamis pagi kemarin juga berguncang.


"Tidak bisa melihat ke arah gunung, kabutnya tebal. Kami tidak bisa melihat asapnya karena gelap berkabut. Kami khawatir karena tidak tahu arah asap. Abunya sudah bertebaran sampai ke perkampungan," katanya.


Ditambahkan Abdi, banyak warga berkumpul di luar rumah. Warga yang terdiri dari wanita, orangtua dan anak-sudah sudah dikumpulkan dan siap untuk diungsikan. Sementara para pemuda dan lelaki dewasa berjaga di sekitar rumah.


"Takut juga karena berapa kali meletusnya mendadak, cuma kami tetap siaga," katanya.


Gunung Sinabung yang sempat tertidur dan tak pernah meletus sejak tahun 1.600, mendadak aktif kembali pada tahun 2010. Pada Kamis pagi kemarin, asap hitam keabuan keluar dari kawah Gunung Sinabung.


"Letusannya disertai bunyi gemuruh. Tinggi letusan sekitar 3.000 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Abu vulkanik dari kawah gunung menyebar ke arah timur, tenggara, dan selatan.


Rabu kemarin, 23 Oktober 2013, Gunung Sinabung sesungguhnya juga meletus sekitar pukul 16. 19 WIB. Tapi letusan itu lebih kecil dibanding letusan pagi ini yang dentumannya terdengar sampai ke kota. Hujan abu tebal pun terjadi di Karo.


Aktivitas Gunung Sinabung meningkat dua minggu terakhir ini. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan status waspada untuk gunung setinggi 2.460 meter itu. Masyarakat dan wisatawan direkomendasikan tidak mendaki dan melakukan aktivitas pada radius dua kilometer dari kawah Sinabung. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya