Surabaya dan Gresik Berebut Pulau, Provinsi Jawa Timur 'Ambil Alih'

Menyusuri hutan mangrove
Sumber :
  • www.eastjavatraveler.com
VIVAnews
Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
- Gubernur Jawa Timur Soekarwo berkirim surat ke Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk memperkuat status Pulau Galang sebagai kawasan koservasi di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pulau ini sedang diperebutkan Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

''Hari ini surat ke Mendagri dikirim untuk memperkuat posisi Pulau Galang agar statusnya makin jelas sebagai kawasan konservasi,'' kata Gubernur Jatim Soekarwo, Jumat 25 Oktober. Menurut Soekarwo, surat yang dikirim ke Mendgari sifatnya menguatkan, sebab Mendagri saat masih dijabat Hari Sabarno juga sudah pernah menerima surat serupa dan memberikan balasan bahwa Pulau Galang masuk dalam kawasan konservasi.
Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia


''Menterinya kan baru, saya yakin diberkas juga ada, namun kita perkuat lagi dengan surat yang baru agar posisi Pulau Galang semakin kuat sebagai kawasan konservasi,'' lanjutnya.


Soekarwo juga telah melakukan pertemuan dengan Komisi A DPRD Jawa Timur, di antaranya dengan Ketua Komisi A Sabron Djamil Pasaribu, Sahat Tua Simanjuntak dan Kusnadi, membahas pulau itu. Soekarwo juga berencana menemui Badan Pertanahan Nasional (BPN) membahas soal sertifikat.


"Kepentingan negara harus dikedepankan," ujarnya.


Selanjutnya, Gubernur Jatim juga akan mengajak Pemkot Surabaya dan Kabupaten Gresik untuk membicarakan itu. Karena, hingga hari ini kedua daerah itu sama-sama mengakui pulau itu menjadi bagian wilayahnya.


Kasus perebutan Pulau Galang ini dipicu terbitnya sertifikat hak milik atas beberapa petak lahan di pulau yang persis di tengah garis lurus jika ditarik dari perbatasan Gresik dan Surabaya. Penerbitan sertifikat ini juga jadi pertanyaan karena pulau itu diperuntukkan buat konservasi. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya