NASIONAL

Siapa Kabareskrim Polri Pengganti Sutarman?

Komjen Sutarman akan dilantik menjadi Kapolri sore ini.
Jum'at, 25 Oktober 2013
Oleh : Dwifantya Aquina , Erick Tanjung
Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman dilantik menjadi Kapolri sore ini di Istana Negara.
VIVAnews - Komisaris Jenderal Sutarman akan dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Timur Pradopo, sore ini, Jumat 25 Oktober 2013. Lantas siapa Kepala Badan Reserse Kriminal Polri pengganti Sutarman?

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Ronny Franky Sompie mengatakan, Kabareskrim yang baru akan ditentukan Sutarman selaku Kapolri yang baru bersama Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri.

"Nanti Kapolri dan Wanjakti yang akan menentukan," kata Ronny di Bareskrim Mabes Polri.

Ronny menuturkan, hingga ini belum ada nama-nama pengganti Komjen Sutarman yang diajukan. 

"Pak Sutarman kan baru akan dilantik hari ini. Beliau masih konsen pelantikan," ujarnya.

Menurut Ronny, kandidat pengganti Sutarman adalah perwira bintang tiga atau dua yang memenuhi persyaratan sebagai Kabareskrim.

"Kabareskrim itu jabatan eselon I-A, itu jabatan politis," tuturnya.

Sebelumnya, Indonesia Police Watch menilai setidaknya ada empat perwira tinggi yang bisa menjadi calon Kabareskrim. Mereka adalah Komjen Baharoddin Haiti (Kabaharkam), Irjen Anas Yusuf (Wakabareskrim), Irjen Suhardi Alius, dan Irjen Ronny Franky Sompie (Kadiv Humas Polri).

"Keempatnya merupakan reserse tulen dan sudah pernah memegang jabatan strategis di jajaran reserse. Polri harus menghindari perwira lalulintas menjadi Kabareskrim karena hal itu hanya akan membuat kepolisian tidak profesional," kata Ketua Presedium IPW, Neta S Pane. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found