Alga, Sumber Energi Alternatif

VIVAnews - Jika bermain di pinggir pantai kalian pasti sering menemukan rumput laut yang terbawa ombak. Rumput laut yang sering juga disebut alga itu, ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Selain bisa dibuat menjadi agar-agar, alga laut ternyata bisa menjadi sumber energi alternatif.  

Sumber energi selama ini banyak berasal dari minyak bumi. Jika
terus-menerus dipakai, minyak bumi bisa habis dan tidak bisa diperbarui lagi. Nah, untuk itulah para peneliti mencari sumber energi alternatif selain minyak bumi.

Solena, sebuah perusaahan teknologi di Washington, Amerika mengembangkan alga laut sebagai salah satu sumber energi. Karena, seperti tumbuhan lainnya, alga juga memproduksi minyak yang bisa diolah untuk digunakan sebagai sumber energi.

Alga laut itu akan dikembangbiakkan di tabung plastik silinder, yang juga akan dilengkapi air, karbondioksida serta mendapat sinar matahari.

Menurut peneliti, alga-alga yang dikembangbiakan akan diambil ekstrak minyaknya melalui proses tertentu. Minyak itulah yang akan menjadi sumber energi, dan akan dijual dalam galon-galon. Fungsinya akan seperti solar atau bensin, yaitu sebagai bahan bakar.

Pada 2010 nanti diperkirakan minyak alga ini mulai diproduksi dalam jumlah besar dan dijual bebas.

One Way Tol Kalikangung-Cipali Siang Ini Ditunda, Polri Ungkap Alasannya
Motor Ducati Desmosedici GP7 milik Casey Stoner tahun 2007

Motor Juara Dunia MotoGP Casey Stoner Dilelang, Harga Awal Rp8,2 Miliar

Motor Ducati Desmosedici GP7 milik Casey Stoner tahun 2007 akan dijual untuk umum. Bagi yang mau memiliki motor tersebut harus mengikuti lelang dengan harga awal Rp8.2 M.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024