Meletus Lagi, Gunung Sinabung Berdentum Keras

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews
Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
– Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus lagi pagi ini, Kamis 24 Oktober 2013, sekitar pukul 06.15 WIB. Gunung berapi aktif setinggi 2.460 meter itu mengeluarkan suara dentuman keras yang membuat warga di sekitar kaki gunung panik dan langsung siaga.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

“Suara letupannya sampai ke kota. Tadi jam 6 lebih sedikit,” kata Dessy Tarigan, salah seorang warga Kabanjahe, Tanah Karo, kepada
Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!
VIVAnews .


Saat meletus, gunung api tertinggi di Sumatera Utara itu memuntahkan material dari perut gunung. Sampai saat ini abu vulkanik berwarna hitam masih terlihat jelas di mulut gunung, mulai puncak gunung hingga ratusan meter ke atas.


“Kondisi di sini seperti letusan yang kemarin. Cuma sekarang menyemburkan abu berwarna hitam,” ujar Dessy. Pekan lalu, Selasa 15 Oktober 2013, Gunung Sinabung juga meletus dua kali dan menyebabkan terbentuknya kawah baru di jalur pendakian dekat Danau Lau Kawar.


Gunung Sinabung yang sempat tertidur dan tak pernah meletus sejak tahun 1.600, mendadak aktif kembali pada tahun 2010. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya