Hari Ini, Gratis 5.000 Nasi Bungkus saat Kirab Kereta Kencana

Kereta Pengantin Kraton Yogyan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
VIVAnews
Istana: Isu Jokowi Masuk Bursa Calon Ketua Umum Partai Golkar itu Urusan Internal
- Puncak acara pernikahan agung GKR Hayu dengan KPH Notonegoro, akan dilakukan dengan kirab kereta kencana dari Keraton Yogyakarta menuju Bangsa Kepatihan Yogyakarta. Kirab yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 23 Oktober 2013 dengan melibatkan 12 kereta kencana yang akan ditarik oleh 68 kuda.

Barista Wanita Dianiaya OTK di Jaksel, Muka Ditonjok-Leher Dicekik

Kereta kencana yang akan dikirabkan itu dinamai Kiai Noto Puro, Kiai Jong Wiyat, Kiai Kus Gading, Kiai Wismono Putro, Kiai Mandro Juwolo, Kiai Ambarrukmo, Kiai Roto Biru, Kiai Permili, Kiai Landowen Wisam Ijem, dan Kiai Puspomanik.
Catat, Ini Tanggal Cuti Bersama Lebaran 2024


Dalam kirab nanti Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama permaisuri GKR Hemas, akan naik kereta Kiai Wismono Putro, sedangkan pengantin putri naik kereta Jong Wiyat dan KGPAA Sri Paduka Paku Alam IX naik kereta Kiai Mandro Juwolo.

Kereta yang dinaiki Sri Sultan Hamengku Buwono X akan ditarik delapan ekor kuda, sedang kereta Kiai Jong Wiyat yang dinaiki pengantin putri dan pengantin kakung ditarik enam ekor kuda. Kereta Kiai Mandro Juwolo yang dinaiki KGPAA Sri Paduka Paku Alam IX ditarik dengan empat ekor kuda.


Dalam kirab nanti akan ada 2.000 ribu warga yang dilibatkan sebagai pagar betis sepanjang jalan yang dilalui, mulai dari Keraton Yogyakarta menuju ke Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Diperkirakan ribuan orang akan menyaksikan kirab pengantin yang terakhir kalinya digelar saat Sri Sultan HB X menjadi Raja di Keraton Yogyakarta.


Kirab sepasang pengantin dengan kereta kencan ini juga menjadi pesta tersendiri bagi rakyat Yogyakarta maupun wisatawan yang tak dapat memberikan ucapan selamat kepada GKR Hayu dan KPH Notonegoro saat resepsi yang digelar di Keraton Yogyakarta.


Para pedagang kaki lima dan pemilik toko yang ada disepanjang Malioboro pun akan menutup lapak maupun toko mereka dari pagi hingga pukul 14.00 WIB usai acara resepsi di Bangsal Kepatihan Yogyakarta untuk memberikan penghormatan dan menyambut gembira pernikahan putri ke 4 penguasa Keraton Yogyakarta tersebut.


"Sepanjang jalan Malioboro atau rute yang digunakan untuk kirab kereta kencana nantinya juga disiapkan pesta rakyat dengan menyiapkan lebih dari 50 angkringan, 5.000 jajanan tradisional dan 5.000 nasi bungkus bagi warga Yogyakarta yang menyaksikan kirab kereta secara gratis," kata Ketua Paguyuban Pedagang Kaki Lima Malioboro Rudiarto Selasa 22 Oktober 2013.


Sebanyak 50 angkringan, 5.000 aneka jajanan tradisional, 5.000 nasi bungkus yang disajikan merupakan ungkapan rasa bahagia dari para pedagang kaki lima di kawasan Malioboro atas pernikahan putrid Sri Sultan HB X.


"Ini kado yang bisa diberikan oleh komunitas pedagang kaki lima kepada Ngarso Dalem," jelasnya.


Menurutnya saat berlangsung kirab kereta kencana ini, sekitar 6.000 pedagang kaki lima yang biasa berdagang di emperan toko sepanjang Malioboro akan menghentikan aktivitasnya dan akan menyaksikan kirab kereta kencana.


"Hanya sampai pukul 14.00 WIB para pedagang kaki lima yang menghentikan aktivitasnya berjualan," katanya.


Kepala Unit Pelaksana Teknis Malioboro Syarif Teguh menuturkan, pihak pemerintah Kota Yogyakarta sejak Jumat 18 Oktober lalu sudah mulai mempersiapkan kegiatan
royal wedding
tersebut.


"Kami sudah cicil mulai bersihkan kawasan dari stasiun Tugu hingga Titik Nol Kilometer dari sampah sampah agar jalur itu bersih," kata dia.


Sayrif menambahkan, pihaknya tidak akan menambah berbagai
display
agar wisatawan yang datang dapat menonton. "Kami fungsikan dua videotron di Dinas Pariwisata dan depan tempak parkir bus Abu Bakar Ali. Karena tak semua lokasi Malioboro terpakai," kata dia. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya