Akil Minta Disidang Secara Terbuka

Ketua MK nonaktif Akil Mochtar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif, Akil Mochtar, menyatakan siap diperiksa majelis kehormatan hakim (MKH) MK. Mantan anggota DPR itu meminta proses permintaan keterangan di sidang etik MKH berlangsung terbuka.
Shin Tae-yong Bicara Kekuatan Australia U-23

"Pemeriksanya terbuka supaya fair.  Jadi Pak Akil mengharapkan terbuka," kata pengacara Akil, Otto Hasibuan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 10 Oktober 2013. 
Terpopuler: Pendakwah yang Diduga Terlibat Kasus Korupsi sampai Chicco Jerikho Sakit Sepsis

Namun bila merujuk pada permintaan keterangan hakim konstitusi lain yang tertutup, menurutnya tak adil. Otto menilai meski sebenarnya sidang etik dilakukan secara terbuka itu melanggar, tapi pihaknya merasa tak ada masalah.
Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

"Nggak apa-apa terbuka. Kami menuntut Pak Akil diperiksa secara fair dan berimbang, supaya tahu," tambah Otto.

Akil mengaku siap dimintai keterangan pada sidang majelis kehormatan itu, supaya semuanya terang benderang apa kesalahan Akil.

"Diperiksa dimanapun dia siap. Apakah kesalahan Pak Akil seperti yang disebutkan media. Kami tak bisa gomong apa-apa, semua sudah bilang Pak Akil jelek," tegasnya.

Otto mengatakan melalui majelis itu, meminta masyarakat untuk menghormati asas praduga tak bersalah. 

"Kita mulai dari titik nol. Kita anggap tak ada yang salah. Kalau dia bersalah silakan dihukum tapi hukum menurut aturan yang ada," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya