Komisi III DPR Datangi Rumah Dinas Komjen Sutarman

Bursa calon Kapolri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
VIVAnews - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat akan mendatangi kediaman Kabareskrim Komisaris Jenderal Sutarman, hari ini, Rabu 10 Oktober 2013. Kunjungan itu bagian tahapan kegiatan yang dilakukan Komisi III sebelum melakukan uji kepatutan dan kelayakan yang dijadwalkan 17 Oktober mendatang.
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

"Komisi III berencana mendatangi rumah dinas calon Kapolri untuk mengetahui bagaimana kehidupan beliau dengan lingkungan sekitarnya," kata Ketua Komisi III DPR, Pieter Zulkifli, di Gedung DPR, Selasa 8 Oktober 2013.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Menurut Pieter, penting bagi Komisi yang membidangi soal hukum itu untuk mengetahui lebih dalam seputar kandidat yang diajukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu. Termasuk, apa saja isi rumahnya sebelum diresmikan menjadi Kapolri.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Selain itu, Komisi III juga akan mengundang PPATK dan Kompolnas dalam rapat dengar pendapat. Mereka juga mengundang partisipasi masyarakat agar memberikan masukan ihwal calon pengganti Jenderal Timur Pradopo itu.

Pieter menjelaskan, Komisi III akan memasang pengumuman melalui iklan di media masa bahwa Komisi III tengah melakukan uji kepatutan dan kelayakan. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui dan bisa melaporkan langsung ke Komisi III jika ada yang pernah dirugikan oleh Sutarman. "Itu nanti akan jadi bahan untuk kita," katanya.

Menurutnya, langkah ini adalah hal baru Komisi III dalam melakukan uji kepatutan dan kelayakan pejabat negara.

"Saya ingin ada sebuah perubahan, aplikasi baru yang bagian dari jawaban kami bahwa komisi III akan jauh lebih serius, sungguh-sungguh dan komitmen dalam penegakan hukum," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya