Mendikbud Jadi Saksi Mata Saat Ketua MK Dibawa KPK

Ketua MK Akil Mochtar.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Muhammad Adimaja
VIVAnews
Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia
– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh ternyata menjadi saksi mata ketika tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menggelandang Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar dari rumah dinasnya, Rabu 2 Oktober 2013. Nuh dan Akil sama-sama tinggal di Widya Chandra, Kuningan, Jakarta Selatan yang merupakan kompleks rumah dinas pejabat.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul

“Saat saya tiba di rumah, mobil-mobil petugas KPK keluar dari rumah Ketua MK,” kata Nuh, Kamis malam 3 Oktober 2013, ketika baru sampai di rumah dinasnya. Rumah Nuh terletak tepat di depan rumah Akil Mochtar, berjarak sekitar 10 meter.
Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Polisi Sebut Ada 7 Orang Terjebak di Lokasi


Seperti biasa, ujar Nuh, dia tiba di rumah dinasnya pukul 22.00 WIB. Namun ketika melihat mobi-mobil tim KPK keluar dari rumah Akil, Nuh tidak langsung menyadari apa yang terjadi. Dia baru mendapat kepastian kabar soal penangkapan sang Ketua MK setelah berada di dalam rumah.


Tak pelak perasaan Nuh campur-aduk. “Saya sangat prihatin dan sedih. Tugas kami adalah saling mengingatkan sesama pejabat negara,” kata dia. Meski bertetangga dengan Akil, Mendikbud jarang bertatap muka dan bertemu langsung dengan dia karena jadwal keduanya sebagai sesama pejabat negara sangat padat. “Kami tidak setiap hari ketemu,” kata Nuh.


Akil ditangkap dalam operasi tangkap tangan KPK. Dari tangannya, KPK menyita uang senilai total sekitar Rp3 miliar. Akil ditangkap bersama anggota DPR dari Fraksi Golkar Chairun Nisa dan pengusaha bernama Cornelis. Mereka terlibat dalam suap-menyuap sengekta pilkada Kabupaten Gunung Mas. Pada kasus itu di tempat terpisah, KPK juga menangkap Bupati Gunung Mas Hambit Bintih serta stafnya Dhani.


Ketua MK itu tak hanya menjadi tersangka dalam kasus suap sengekta Pilkada Gunung Mas, tapi juga dalam kasus suap sengketa Pilkada Lebak Banten. Dalam kasus kedua ini, KPK juga menangkap Tubagus Chaeri Wardana alias Tubagus Wawan – adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah sekaligus suami dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany


Untuk itu Mahkamah Konstitusi akan mengirim surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk meminta pemberhentian sementara Akil Mochtar dari jabatan Ketua MK. Seluruh perkara yang saat ini sedang ditangani Akil di MK akan diambil alih oleh Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya