24 Provinsi di Indonesia Masih Terserang Rabies

Ilustrasi vaksinasi anjing cegah rabies
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAlife - Rabies masih menjadi penyakit menular akut yang patut diwaspadai di Indonesia. Pada tahun ini, 24 provinsi melaporkan adanya masyarakat yang terkena rabies.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

"Endemis tersebar di Sulawesi Utara sebanyak 14 orang, Sumatera Barat enam orang, Nusa Tenggara Timur dan Maluku masing-masing empat orang," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu, 3 Oktober 2013.

Sementara itu, provinsi yang dinyatakan sebagai daerah bebas rabies antara lain Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.

PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

Meski jumlahnya tak terlalu banyak dibandingkan negara lain, penyebaran virus rabies sangat cepat. Virus yang masuk dalam keluarga Rhabdovirus ini menular melalui gigitan, cakaran, dan jilatan hewan yang menderita rabies.

Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2PB) Kementerian Kesehatan, dr. Andi Muhadir, penularan virus rabies paling mudah melalui air liur (jilatan) di mana seseorang telah memiliki luka sebelumnya. Virus yang terdapat pada air liur hewan penular rabies itu berbentuk seperti peluru yang memiliki ukuran sangat kecil dan tak bisa dilihat secara kasat mata.

Mayoritas hewan yang menularkan virus tersebut, 98 persen berasal dari anjing, dan sisanya kucing dan kera. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 40.429 kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) yang dilaporkan.

10 Kapal Hantu yang Masih Menghantui Lautan Hingga Saat Ini

Adapun vaksin setelah terjadi kontak dengan hewan yang diduga terinfeksi rabies berjumlah 32.631 jiwa. Sementara yang meninggal dunia karena rabies ada 39 orang. Rabies merupakan penyakit yang menyerang susunan saraf pusat dan bisa mengakibatkan kematian.  (eh)

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Adopsi Anak, Ramalan Hard Gumay Bikin Tercengang

Sejauh ini, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina belum memberikan pernyataan resmi terkait status bayi tersebut di keluarganya. Namun, hal ini sejalan dengan ramalan Hard Gumay

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024