Kemenkes Berkomitmen Eliminasi Filariasis dan Kecacingan

Kemenkes Berkomitmen Eliminasi Filariasis dan Kecacingan
Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 11 dari 20 jenis Neglected Tropical Disease (NTD) terdapat di Indonesia, yaitu filariasis, kecacingan, schistosomiasis, dengue haemorrhagic Fever (DHF), rabies, frambusia, lepra, japanese b. encephalitis, cysticercosis, asciolopsis, dan anthrax.

“Diperlukan komitmen bersama untuk mengeliminasi filariasis dan kecacingan di Indonesia”, ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Prof Tjandra Yoga Aditama, Sp(K), MARS, DTM&H, DTCE, di Jakarta 28 Agustus 2013.

Prof Tjandra Yoga mengatakan bahwa penanggulangan filariasis meliputi tiga komponen, yaitu: Pertama, Mass Drug Administration (MDA) dan Pemberian Obat Massal untuk Pencegahan (POMP). Kedua, penanganan kasus dan pencegahan kecacatan. Ketiga, penanggulangan vektor.

“Saat ini, terdapat 302 kabupaten/kota endemis filariasis di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 32 kabupaten/kota telah menyelesaikan MDA-POMP dan 87 yang lainnya sedang menjalani MDA-POMP. Sementara sisanya belum memulai MDA-POMP”, jelas Prof. Tjandra.

Kumpulan Ucapan Idul Fitri dari Klub Premier League dan Serie A

Dia menambahkan bahwa WHO telah menyediakan obet untuk filaria, namun masih diperlukan anggaran untuk operasionalnya. Diharapkan pada 2014, sebanyak 50 juta orang dapat terlindungi dengan meminum obat pencegahan filaria.

Sementara itu, angka kecacingan di Indonesia adalah 28 persen. Kegiatan penanggulangan kecacingan dapat dilakukan dengan program. Pertama, pemberian vitamin A (untuk Balita). Kedua, diintegrasikan bersama program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Ketiga, melibatkan anggota pramuka dalam upaya mensosialisasikan pencegahan kecacingan.

Soal Megawati Apakah ke Open House Presiden Jokowi, PDIP Jawab Begini

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id. (Webtorial)

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah

PDIP Isyaratkan Megawati Bertemu Prabowo Tunggu Hari Baik

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putro dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto santer diisukan bakal bertemu setelah Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024