NASIONAL

Sutarman Jadi Calon Tunggal Kapolri, Timur Tak Berkomentar

Dia menyerahkan rencana pergantian Kapolri kepada Presiden.
Sutarman Jadi Calon Tunggal Kapolri, Timur Tak Berkomentar
Timur Pradopo dan Sutarman (Antara/ Khalsa)
VIVAnews - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen (Pol) Sutarman, dikabarkan menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Timur Pradopo. Kabarnya, Sekretariat Negara hari ini, Jumat 27 September, akan menyampaikan nama calon Kapolri itu atas usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Mengenai kabar itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo tidak bersedia berkomentar. Dia menyerahkan rencana pergantian Kapolri kepada Presiden SBY.

"Kita tunggu saja," kata Timur saat ditemui di kantornya, Jumat, 27 September 2013.

Kabar penunjukan Sutarman sebagai pengganti Timur dibenarkan anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo. "Informasi yang saya terima begitu," kata Bambang.

Namun Bambang menambahkan, Komisi III DPR belum mendapatkan informasi resmi mengenai penggantian Timur yang memasuki masa pensiun. Menurutnya, surat yang dikirim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini masih ada di pimpinan DPR.

"Surat sudah disetujui dan ditandatangani Pak Presiden," ujar Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurutnya, rekomendasi calon Kapolri itu telah sesuai aturan, termasuk atas saran Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebagai bahan pertimbangan Presiden dalam memilih calon.

Namun Julian tidak mengungkap siapa yang dicalonkan Presiden sebagai Kapolri. "Silakan konfirmasi ke DPR. Saya tidak berhak menyebutkan nama," kata dia. (eh)
 
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...