DPR: Presiden Pilih Komjen Sutarman Jadi Kapolri Baru

Kabareskrim Polri dan Wakil Jaksa Agung Temui Timwas Century
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden
– Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat telah menerima surat pengajuan Kepala Kepolisian RI baru yang dikirim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Surat itu diserahkan sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat 27 September 2013, oleh pihak Istana kepada DPR.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

“Presiden SBY hanya hanya mengajukan satu nama, yaitu Komjen Pol Sutarman untuk diangkat jadi Kapolri baru menggantikan Jenderal Timur Pradopo yang pensiun,” kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.
4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang


Menurut Priyo, surat Presiden itu akan dibawa ke sidang paripurna DPR setelah pimpinan DPR menggelar rapat. “Kemudian akan kami serahkan ke Badan Musyawarah DPR dan kami minta Komisi III menggelar
fit and proper test
,” kata dia.


Priyo optimistis Sutarman akan disetujui oleh Komisi III DPR, sebab jika dilihat dari calon-calon Kapolri yang ada, Sutarman memang yang paling berpeluang dipilih. Sejauh ini, menurut Priyo, semua partai politik merasa nyaman dengan Sutarman.


Sutarman yang kini menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri dinilai Priyo tidak pernah dekat dengan partai politik manapun. Itulah yang diyakini menjadi kelebihan Sutarman.


“Pak SBY sangat mencermati betul aspirasi DPR sehingga dia mengajukan satu nama saja,” kata Priyo. Politisi Golkar itu berharap Sutarman bisa mengawal Pemilihan Umum 2014 sehingga Pemilu berlangsung netral. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya