Positif Narkoba, Kombes Suyono Tidak Dipidana

Polda Lampung gagalkan penyelundupan ganja 4,7 ton.
Sumber :
  • AAN (Lampung)
VIVAnews - Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri memeriksa intensif Inspektur Pengawasan Daerah Kepolisian Daerah (Irwasda) Lampung, Komisaris Besar Polisi Suyono, terkait penyalahgunaan narkoba, Kamis 26 September 2013. Dalam kasus ini, Suyono dicopot dari jabatannya setelah dinyatakan positif memakai narkoba.
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian RI Inspektur Jenderal Ronny Sompie mengatakan, selain dicopot, Suyono juga disidang komisi etik kepolisian. Bahkan, tak menutup kemungkinan perwira menengah itu akan direhabilitasi.
Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

"Jika diperlukan dia akan direhabilitasi. Sebelumnya sudah pernah di Polda Aceh dan Polda Sumsel," kata Ronny.
4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Saat ini Divisi Propam tengah melakukan pemeriksaan mendalam untuk melengkapi berkas. Hasil pemeriksaan itu nanti sebagai acuan dalam sidang kode etik yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

"Kami akan lakukan segera. Begitu cukup pembuktian bisa ditentukan pelanggaran pasal dalam peraturan Kapolri tentang kode etik," imbuhnya.

Namun Ronny, belum menjelaskan kapan sidang etik itu akan dilaksanakan. Sebab, Propam masih menunggu jadwal sidang kode etik lainnya. "Menunggu jadwal, karena ada kasus lainnya," katanya.

Menurut Ronny, kecil kemungkinan Suyono bisa dipidanakan. Sebab, sejauh ini yang baru ditemukan dari hasil pemeriksaan adalah hasil tes urine positif narkoba, sedangkan barang buktinya tidak ada.

Kapolri Jendral Timur Pradopo telah memberhentikan Suyono dari jabatannya mulai 24 September 2013. Keputusan itu dikeluarkan melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1888/IX/2013 tanggal 24 September 2013.

Kombes Suyono diamankan oleh Tim Divisi Propam Mabes Polri di sebuah kamar hotel bintang tiga di kawasan Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Selasa malam 17 September 2013. Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVAnews, Kombes Suyono ditangkap ketika sedang berpesta narkoba bersama seorang wanita.

Menurut versi Mabes Polri, saat ditangkap Suyono tidak sedang memakai narkoba dan ia sedang terlibat keributan dengan istrinya. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya