Walikota Spanyol Bersepeda 2.500 Km Demi Bantu Anak Yatim RI

Walikota Navacarros Jose Guillermo Yepes (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng
VIVAnews
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang
– Yos Nugroho, Sutrisno, dan Jose Guillermo Yepes bersepeda menempuh jarak 2.500 kilometer dari Pulau Nusa Tenggara hingga Jawa selama lebih dari sebulan untuk menggalang donasi bagi anak yatim. Ketiganya kini, Kamis 26 September 2013, telah sampai di Bandung, Jawa Barat.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Jose Guillermo Yepes merupakan Walikota Navacarros, Spanyol. Ia bersama dua rekan pesepedanya yang asli Indonesia kemarin Rabu tiba di Gedung Sate, Bandung, untuk menyerahkan donasi yang berhasil mereka kumpulkan selama bersepeda ke berbagai kota kepada organisasi SOS Children’s Villages Indonesia yang salah satu cabangnya ada di Lembang, Bandung.
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang


Sutrisno bercerita, mereka bertiga berangkat dari Maumere, Nusa Tenggara Timur, pada 22 Agustus 2013. “Dari Maumere lalu ke Bali sekalian beristirahat di sana. Dilanjutkan ke Pulau Jawa, beristirahat di Yogya. Dari Yogya ke Semarang, lalu dari Semarang singgah ke Sumedang, dan dari Sumedang finish di Bandung,” kata dia.


Sepanjang perjalanan dari Maumere ke Bandung itu, Yos, Sutrisno, dan Yepes berhasil mengumpulkan donasi Rp10,5 juta. “Targetnya setiap satu kilometer mendapat Rp10 ribu. Sekarang terkumpul Rp10,5 juta. Kami tetap bersyukur, yang penting bisa bermanfaat,” ujar Sutrisno.


Ia mengatakan, kendala mereka selama perjalanan adalah faktor cuaca ekstrem di beberapa daerah. Panasnya suhu bahkan di sejumlah lokasi mencapai lebih dari 30 derajat Celcius. “Paling panas di Sumbawa. Kulit kami terbakar. Selebihnya tidak masalah,” kata Sutrisno.


Sementara Yepes mengatakan sangat menyukai keindahan Indonesia. Ini adalah kunjungan kedua Yepes ke Indonesia setelah sebelumnya pada tahun 2009 ia melakukan aksi bersepeda yang sama di sini. “Saya senang bisa membantu sesama. Yang menjadi kendala ya kemacetan dan pengendara motor yang tidak teratur,” kata dia.


Dana yang berhasil mereka kumpulkan kini disumbangkan SOS Children's Villages Indonesia yang didirikan untuk membantu kebutuhan anak-anak yatim dan kurang mampu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya