Lima RSUP Ditargetkan Raih Akreditasi Internasional Tahun 2014

2014, Pemerintah Targetkan 5 RUSP Raih Akreditasi Internasional
Sumber :

VIVAnews - RSUP Sanglah di Bali adalah rumah sakit pemerintah kedua yang meraih akreditasi internasional Joint Commission Internasional (JCI), setelah RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo di Jakarta.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Tahun 2014, Kementerian Kesehatan mentargetkan agar akreditasi internasional dapat diraih oleh 5 RS pemerintah yg berada di 5 kota berbeda. Untuk itu, 3 RS pemerintah yang kini sedang dipersiapkan untuk meraih akreditasi JCI, yaitu RSUP dr. Sardjito di Yogyakarta; RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo di Makassar; dan RSUP H. Adam Malik di Medan.

Mengutip data laporan yang diterima Kemenkes RI menyebutkan bahwa telah terjadi peningkatan kunjungan pasien warga negara asing (WNA) di RSUP Sanglah, yaitu sebanyak 1.887 kunjungan pada tahun 2011 menjadi 1.998 kunjungan pada tahun 2012.

“Dengan akreditasi JCI, RSUP Sanglah memiliki peluang yang lebih besar lagi untuk melayani pasien  asing, karena setiap tahun lebih kurang 2,8 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali,” ujar Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, saat meresmikan Pelayanan Jantung Terpadu RSUP Sanglah, 29 Agustus 2013, di Bali.

Dewasa ini, kita telah memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas bidang jasa, termasuk jasa pelayanan kesehatan. Kondisi ini memungkinkan dilakukannya penanaman modal asing dalam bidang jasa kesehatan.

Sementara itu, masih banyak masyarakat yang masih mencari pengobatan keluar negeri. Karena itu, fasilitas kesehatan harus mampu bersaing di tingkat internasional, salah satunya melalui upaya meraih akreditasi internasional.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Di samping itu, keindahan alam menjadikan Pulau Bali sebagai tujuan utama, tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara. Hal tersebut membuat Bali memiliki kesempatan serta potensi untuk mengembangkan health tourism secara baik.

Pelayanan Jantung Terpadu

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

RSUP Sanglah membentuk Pelayanan Jantung Terpadu sebagai  pusat rujukan pelayanan untuk penyakit jantung bagi wilayah sekitarnya. Sebab, saat ini, kebutuhan akan pelayanan jantung di Bali dan kawasan Indonesia Timur tidak sebanding dengan jumlah rumah sakit yang mampu melayani penyakit jantung.

Melalui pelayanan jantung yang dilaksanakan secara terpadu di dalam satu gedung, diharapkan akan meningkatkan mutu pelayanan di bidang penyakit jantung di RSUP Sanglah.

“Saya harap, dengan adanya pelayanan jantung terpadu, RSUP Sanglah dapat mengembangkan jejaring dan pembinaan di bidang pelayanan jantung pada jajaran RS dan Puskesmas yang ada di Provinsi Bali, NTB dan NTT. Perlu pula diperhatikan, agar  upaya promotif dan preventif  dalam pelayanan jantung harus diutamakan”, kata Menteri Kesehatan.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id. (Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya