Lagi, Pipa Minyak Pertamina di Jalur Plaju Dibobol

Pipa Pertamina di jalur Tempino - Plaju, dirusak pencuri
Sumber :
  • VIVAnews/ Aji YK Putra
VIVAnews
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
- Pipa minyak milik Pertamina yang berada di jalur Tempino - Plaju, di Desa Sungai Rebo, Dusun III, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, kembali dirusak orang tak dikenal.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Perusakan pipa milik Pertamina di jalur Tempino - Plaju diduga kuat terkait aksi pencurian minyak mentah. Aksi itu terjadi pada Minggu 15 September 2013, sekitar pukul 16.00 WIB.
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden


Rahman Thalib, Humas PT Elnusa jalur Tempino Plaju, yang bertugas merawat pipa Pertamina di jalur tersebut mengatakan, perusakan yang menyebabkan pipa mengalami kebocoran terjadi sekitar KM 49.


"Memang penyebab bocornya disebabkan ada pelaku pencurian minyak. Sekarang pihak kepolisian sedang menyelidiki," kata Rahman, saat dikonfirmasi VIVAnews, Senin 16 September 2013.


Ditambahkan Rahman, dampak dari kebocoran pipa yang berada di bawah air tersebut, menyebabkan aliran Sungai Rebo menjadi tercemar minyak mentah.


"Kebocoran diketahui pukul 16.00 WIB kemarin. Warga langsung kita minta tidak menyalakan api atau memasak," ujarnya.


Terpisah, Kepala Hubungan Masyarakat Pertamina RU III Plaju, wilayah Sumbagsel,  Makhasim, membenarkan telah terjadi pencurian pipa minyak milik Pertamina di jalur Plaju.


"Sekarang PT Elnusa sedang menambal kebocoran pipa tersebut. Siapa pelakunya, polisi masih menyelidiki," kata Makhasim.


Pantauan
VIVAnews
di lapangan, akibat bocornya minyak tersebut, sepanjang aliran Sungai Rebo dipenuhi minyak mentah. Warga tidak bisa menggunakan air sungai karena dicemari minyak. Padahal, air Sungai Rebo sangat dibutuhkan warga saat musim kemarau saat ini. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya