Gunung Sinabung Meletus, Pengungsi Bertambah

Warga sekitar Gunung Sinabung mengungsi
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVAnews
TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo
- Sekitar 3.710 jiwa masyarakat harus mengungsi akibat dampak dari erupsi Gunungapi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Minggu dini hari tadi, pukul 02.51 WIB.

Bang Jago Peras 3 Minimarket di Jakbar, Ngambil Barang Seenaknya tapi Gak Mau Bayar

Masyarakat yang mengungsi tersebar di lima titik. Pengungsi saat ini berada di jambur Taras Brastagi (650 jiwa), jambur Sempakata (750 jiwa), jambur klasis GBKP Kabanjahe (590 jiwa), jambur Desa Payung (320 jiwa), dan di kompleks GBKP Kabanjahe (1.400 jiwa).
Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan


"Semua pengungsi dalam kondisi aman. Belum ada laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan dari dampak erupsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu 15 September 2013.


Sutopo menyampaikan, BPBD Sumatera Utara telah melakukan koordinasi dengan Pemda Karo, TNI, Polri dan unsur terkait. Peralatan dan logistik bantuan BNPB yang berada di BPBD Sumut juga telah dikerahkan ke lokasi bencana.


"Dapur umum telah didirikan untuk memberikan bantuan kepada pengungsi. Pendataan dan penanganan pengungsi masih dilakukan," katanya.


Saat ini Gunung Sinabung masih terekam tremor terus-menerus. Status gunung tetap Siaga. Monitoring aktivitas gunungapi terus diintensifkan.


Pengalaman penanganan erupsi Gunungapi Sinabung yang pernah meletus pada Agustus-September 2010 telah memberikan banyak pembelajaran bagi Pemda Karo dan BPBD.


Pada saat itu erupsi Gunung Sinabung tingginya mencapai 3.000 meter, dentuman terdengar hingga 8 km dan jumlah pengungsi mencapai 12.000 jiwa.


"Masyarakat dihimbau selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan mengikuti arahan petugas," ujar Sutopo.


Dia menambahkan, karakteristik erupsi Gunung Sinabung belum banyak dikenali secara lengkap karena sebelum erupsi 2010 lalu, gunung tidak menunjukkan aktivitas dalam waktu hampir seratus tahun. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya