Selain CCTV, Alarm Museum Nasional Juga Mati

Museum Nasional Sepi Pengunjung
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews -
Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh
Museum Nasional kecurian empat lempeng emas abad ke-10 pekan ini. Jejak pencuri tidak bisa dilacak lantaran semua kamera CCTV di museum itu mati. Tidak hanya CCTV yang tidak berfungsi, alarmnya juga K.O.

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Jumat 13 September 2013, dari hasil penyelidikan, diketahui rekaman CCTV sudah tidak menyala sejak November 2012. "Secara lisan sudah disampaikan kepada bagian Rumah Tangga tapi belum ada perbaikan," jelas Rikwanto.
Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini


Bahkan menurut Rikwanto, semua CCTV di dalam museum tidak menyala. Selain CCTV, diketahui juga bahwa Alarm di dalam museum pun sudah tidak menyala sejak 2 bulan lalu. "Itu pun sudah dilaporkan ke bagian rumah tangga secara lisan, namun belum ada perbaikan juga," imbuhnya.


Dari hasil penyelidikan sementara, diketahui pencuri merusak pintu lemari tempat penyimpanan artefak. Namun menurut Rikwanto, kerusakannya halus. Dari olah TKP, penyidik mengambil sidik jari.


Penyidik kini tengah memeriksa petugas keamanan museum karena diketahui ada yang tidak bertugas pada tempatnya. "Kita periksa semua satu-satu alibi masing-masing untuk menunjukkan dimana mereka berada pada saat pencurian,"


Sejauh ini, polisi sudah memeriksa 38 orang saksi yang terdiri dari 15 orang tim Arkeologi dan 12 orang petugas keamanan.


"Kemudian ada tiga orang kepala Rumah Tangga, teknisi alarm, teknisi CCTV dan satu lagi kepala museum," ujar Rikwanto. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya