Ganjar Jawab Tudingan Nazar Terima Fee e-KTP

Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo
VIVAnews
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, angkat bicara terkait tudingan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, terima US$500 ribu dari proyek e-KTP.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Usai menghadiri diskusi 'Sistem dan Fenomena Politik di Indonesia' di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis, 12 September 2013, Ganjar mengaku siap diperiksa oleh KPK jika Nazaruddin mempunyai bukti yang kuat atas tudingannya itu.
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget


"Kalau bisa sekarang (diperiksa), sekarang saja yuk. Kalau dia sebut ada
mark up
suruh nunjukin datanya mumpung saya masih di sini. Insya Allah saya tidak senista itu," ujar Ganjar.


Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa anggaran proyek e-KTP itu sebesar Rp6,3 triliun. Dari anggaran itu, sebesar Rp5,8 triliun digunakan untuk pengadaan. "Saya diaudit saja, kemudian kalau ada yang bagi duit siapa, baginya ke siapa. Sip itu kalau bisa dibuktikan," katanya.


Menurutnya, proyek e-KTP ini sudah melalui pembahasan yang panjang di Dewan Perwakilan Rakyat. Seluruh anggaran untuk proyek itu bisa diperiksa lewat risalah rapat di Komisi II DPR. "Kalau memang ada info seperti itu, ada penggelembungan, nah penggelembungan itu dilaporkan ke KPK," saran mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu.


Terpidana kasus suap proyek Wisma Atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin, mengungkap sumber dana untuk mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum bukan hanya diperoleh dari proyek Hambalang.


Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu menyebutkan bahwa dana untuk Anas juga bersumber dari fee proyek e-KTP. Nazar mengklaim bahwa pimpinan Komisi II DPR dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi juga terlibat dalam kasus ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya