Wakapolri: Rotasi Tujuh Kapolda, Tak Terkait Pergantian Kapolri

Oegroseno dan Badrodin Haiti
Sumber :
  • Antara/ Irsan Mulyadi
VIVAnews
Han So Hee Ngaku Resmi Pacaran Dihujat Netizen, Agensi Siap Bela Lewat Jalur Hukum
- Wakil Kepala Polisi,  Komisaris Jenderal Oegroseno memastikan bahwa rotasi terhadap tujuh Kapolda tak terkait dengan pergantian Kapolri. Pergantian itu, kata Oegroseno, murni rotasi biasa.

RUU DKJ Segera Disahkan, Ini 7 Poin Penting yang Disepakati

"Saya kan bagian dari dalam, saya tidak membohongi rakyat dan membohongi media juga," kata Oegroseno di Gedung DPR, Selasa 10 September 2013.
Jembatan Comal Dibuka Usai Perbaikan, Jalur Pantura Pemalang Kembali Normal


Ditambahkan Oegroseno, berawal dari masa pensiun mantan Wakapolri, Komisaris Jenderal (Purn), Nanan Sukarna, sehingga ada beberapa jabatan yang juga harus tergeser.


"Jadi begitu ada satu atau dua yang ganti, ini seperti efek domino. Jadi siapa yang gantikan Kapolda Bali sudah ada, dari bintang satu naik jadi bintang dua, dari Kapolda Gorontalo sudah ada yang gantikan juga. Jadi ini tour of area pembinaan karir, menurut saya biasa," ujar dia.


Menurut Oegroseno, pergantian ini, bukan untuk kepentingan pergantian Kapolri. Siapa saja yamg memimpin, organisasi akan tetap jalan. "Saya sering sampaikan kepada junior saya, mari kita jangan banyak rebutan jabatan lah. Kita kerja saja apa yang diberikan amanah," kata Oegro.


Menjelang pesiun pada Desember 2013 nanti, Kapolri Jenderal Timur Pradopo memang secara mendadak merotasi tujuh Kapolda.


Sesuai dengan SK Kapolri No: Kep/623/IX/2013 tanggal 9 September 2013, Kapolda Bali Irjen Pol Arief Wahyunadi yang dipromosi menjadi Asops Kapolri, jabatannya digantikan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu.


Karobinopsnal Baharkan Polri, Brigjen Tatang Somantri diangkat sebagai Kapolda Bengkulu, dan jabatannya diisi  Kombes Ghufron.


Sementara Koorsahli Kapolri Irjen Alex Bambang Riatmodjo digantikan Irjen Herry Haryanto. Irjen Bambang Suparsono diamanatkan jabatan Wairwasum Polri menggantikan Irjen Agus Wantoro.


Posisi Bambang sebelumnya adalah staf ahli Kapolri bidang sosial budaya, dan kini ditempati Brigjen Eddy Sumantri yang semula menjabat Kapolda Banten.


Jabatan Kapolda Banten diemban Brigjen Muhammad Zulkarnain. Dia sebelumnya menjabat Karokurlum Lemdikpol. Sementara posisi Zulkarnain digantikan Kombes Musyafak.


Brigjen Andjaja diangkat sebagai Kepolda Gorontalo yang sebelumnya Karo Srena Polri. Waka Korbrimob Polri Brigjen Arie Sulistyo diangkat jadi Kapolda Kalbar.


Sementara Kapolda Maluku Utara Brigjen Machfud Arifin digeser menjadi Kapolda Kalimantan Selatan. Kasespimma Lemdikpol Brigjen Sobri Effendi Surya diangkat jadi Kapolda Maluku Utara. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya