Dentuman Gunung Lokon Terdengar Hingga 10 Kilometer

Letusan Gunung Lokon Senin (25/3/2013).
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar
VIVAnews
Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha
- Sejak ditetapkan dalam status Siaga atau level III pada 24 Juli 2011, Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, terus meletus dan melontarkan material vulkanik dari pusat kegiatan kawah Tompaluan.

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?

Hari ini Gunung Lokon kembali meletus dan mengeluarkan abu setinggi 1,5 kilometer. Dentuman keras gunung itu sempat membuat warga Kota Tomohon kaget. Dentuman pertama kali terdengar sekitar pukul 06.30 WITA, Senin 9 September 2013.
Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan radius 2,5 km bagi masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar kawah Tompaluan. BPBD Kota Tomohon dan BPBD Sulawesi Utara terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Guna mengantisipasi letusan yang lebih besar, rencana kontinjensi letusan Gunung Lokon juga sudah disusun.

 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, material vulkanis lokon melambung hingga ketinggian sekitar 1.500 meter dari kawah Tompaluan Lokon.


Letusan mengarah ke utara ke beberapa desa yaitu ke Pineleng, Tateli, dan Tanawangko. Material letusan berwarna hitam keabuan. Letusan disertai bunyi keras hingga terdengar di beberapa daerah di Minahasa yang berjarak 10 km.

 

"Masyarakat sekitar Gunung Lokon keluar rumah dan menonton letusan tersebut. Bagi masyarakat letusan adalah hal yang biasa karena sudah sangat sering terjadi," kata Sutopo.


Berkaitan dengan letusan hari ini, masyarakat tidak mengungsi. Letusan-letusan kecil seperti yang terjadi pada pagi ini adalah berkah bagi masyarakat sekitar Gunung Lokon. Sebab menjadikan lahan pertanian di Tomohon menjadi sumbur dan meningkatkan produktivitas pertanian.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya