KPK: Pemalsu Sprindik Jero Wacik Tak Cerdas

Dokumen sprindik Jero Wacik jadi tersangka
Sumber :
  • Nur Eka Sukmawati/VIVAnews

VIVAnews - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengungkap beberapa keganjilan dalam surat perintah penyidikan (sprindik) terhadap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. Dalam dokumen yang beredar di kalangan wartawan, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu disebut sebagai tersangka suap SKK Migas.

Ditemui wartawan di kantornya, Jumat 6 September 2013, Johan mengatakan sprindik itu sangat janggal karena tidak lengkap. Selain itu, jenis huruf yang digunakan satu sama lain berbeda. Seperti huruf yang digunakan pada kalimat 'Agustus' dan 'Jakarta'.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

"Kami menduga ada yang memalsukan dan mengirimkannya ke media. Itu palsu," ujar Johan.

Di samping itu, dalam sprindik palsu yang beredar itu terdapat tulisan tangan. Menurut Johan, sprindik yang digunakan KPK tidak ada tulisan tangan. "Mana ada di sprindik tulisan tangan. Yang pasti pemalsunya tidak cerdas," ucapnya.

Hingga saat ini, imbuhnya, KPK belum mengeluarkan sprindik atas nama Jero Wacik. Namun, KPK tetap akan menelusuri sprindik palsu tersebut. Pimpinan KPK, kata Johan, tengah rapat dengan pengawas internal untuk menindaklanjuti hal tersebut.

"Tadi sudah dipanggil tim pengawas internal KPK, mereka akan mengusut siapa dan dari mana asal muasal sprindik ini," ujar Johan.

Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024