NASIONAL

"Tak Ada Hubungan Pendidikan dengan Ukuran Alat Kelamin"

Di Sabang, siswa diwajibkan mengisi kuesioner berisi ukuran kelamin.

ddd
Jum'at, 6 September 2013, 13:19
Kuesioner alat kelamin di sekolah Sabang, Aceh
Kuesioner alat kelamin di sekolah Sabang, Aceh ((Ist))

VIVAnews - Kuesioner yang menanyakan ukuran alat kelamin siswa beredar di sejumlah Sekolah Menengah Pertama di Sabang, Aceh. Mereka diwajibkan mengisi kolom pertanyaan berapa ukuran alat kelamin dan payudara.

Hal ini dikecam oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Anggota Komisi VIII Bidang Agama, Nurhayati Ali Assegaf, Jumat 6 September 2013, mengatakan bahwa kuesioner itu sangat vulgar dan tidak sesuai budaya bangsa.

"Kita harus tahu, budaya timur kita bagaimana. Itu kuesioner pendidikan seks, tidak ada hubungannya dengan ukuran BH," kata Nurhayati.

Untuk itu, dia minta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh harus segera mengambil tindakan atas kasus ini.

"Kalau pusat tidak berperan, ya habis. Kalau semua diserahkan ke daerah, kalau ambil kebijakan yang tidak pas bagaimana," ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota Komisi VIII lainnya, Ace Hasan Syadzily. Menurut dia, dengan menyebarkan koesioner yang berisi gambar alat vital dan menyuruh siswa mengisinya, adalah kebijakan yang sangat aneh.

"Untuk apa tujuan isian formulir ukuran kelamin dan payudara? Apa kaitannya dengan dunia pendidikan? Aneh sekali," kata Ace.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga meminta Dinas Kesehatan Kota Sabang, Provinsi Aceh, menarik formulir kuesioner yang menanyakan ukuran kelamin siswa.

Menurut Komisioner KPAI Bidang Pornografi dan Napza, Maria Advianti, pertanyaan di kuesioner tentang ukuran alat vital siswa SMP itu tidak relevan dengan permasalahan kesehatan reproduksi anak dan remaja. [Baca selengkapnya di tautan ini]

Kuesioner dengan gambar alat vital itu disebar di sekolah-sekolah di Sabang. Para murid diharuskan mengisi satu halaman kuesioner bergambar payudara, kemaluan laki-laki, dan kemaluan perempuan.

Salah satunya menanyakan ukuran penis siswa apakah kecil atau besar. Mereka diwajibkan melingkari salah satunya. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
vivagolan
06/09/2013
di bali ada miss world, di aceh (serambi mekah) ada kuisioner alat vital...
Balas   • Laporkan
gentongnasi
06/09/2013
semakin tinggi tingkat pendidikan, ukuran semakin kecil, semakin rendah pendidikan ukuran semakin besar; jadi tinggal milih, mau pinter apa mau gede?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id