NASIONAL

Rumah Bunda Putri Selalu Ramai Dikunjungi Tamu Bermobil

Penjaga, tukang kebun dan pembantu sering diberi uang oleh tamunya.
Rabu, 4 September 2013
Oleh : Aries Setiawan, Erick Tanjung, Tasya Paramitha
Ridwan Hakim (berbaju hitam) disadap KPK ketika berbincang dengan Bunda Putri.
VIVAnews - Siapa Bunda Putri, masih misterius. Sosoknya disebut-sebut punya pengaruh besar. Bisa mempengaruhi elit di Partai Keadilan Sejahtera (PKS), bahkan kabinet.

Perlahan, identitas wanita itu terungkap. Berdasarkan keterangan sumber VIVAnews di Kementerian Pertanian, Bunda Putri adalah seorang istri ketiga pejabat eselon satu di Kementerian Pertanian. Selain itu, Bunda Putri juga pernah menikah dengan seorang Kepala Dinas di Pemprov Kalimantan Barat.

Bunda Putri tinggal di sebuah rumah mewah di kawasan Pondok Indah,  Jakarta Selatan. Tepatnya di pinggir jalan raya, sekitar 700 meter dari Mal Pondok Indah.

Di rumah berlantai dua dengan cat dinding putih dan pagar besi berwarna oranye itu terparkir mobil Toyota Innova warna hitam dan Mercedes Benz berwarna hijau. Di sebelah rumah ada lahan kosong.

Menurut Heri, seorang penjaga rumah tetangga Bunda Putri, pemilik rumah jarang kelihatan. Namun, sepengetahuannya, di rumah tersebut sering kedatangan banyak tamu-tamu bermobil.

"Banyak mobil parkir. Biasanya mobil-mobil tamunya parkir di samping rumah yang lahan kosong itu. Tamunya biasa datang sekitar jam 5 sore," ucap Heri.

Dia pernah menanyakan soal tamu-tamu Bunda Putri ke penjaga dan satpam di rumah tersebut.

"Saya pernah tanya sambil bercanda pada penjaga rumah dan satpamnya, 'wah banyak tamu, banyak tip dong?". Kata penjaga rumahnya, setiap ada tamu mereka memang sering dikasih duit oleh tamunya. Mulai dari satpam, tukang kebun, pembantu, dikasih duit semua," ungkapnya.

Sementara menurut seorang staf di Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian mengatakan Bunda Putri memang sering datang ke kantor tersebut. Petugas itu mengatakan bahwa wanita tersebut biasa disapa dengan sebutan 'Bunda' oleh pegawai.

"Iya ibu pernah ke sini (Bunda Puteri). Kalau ada acara PKK kementerian beliau datang," katanya.

Nama Bunda Putri muncul dalam rekaman hasil penyadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rekaman ini diputar jaksa KPK di sidang Kamis, 29 Agustus 2013.

Dalam kesaksiannya, Ridwan Hakim--anak Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin--mengatakan Bunda Putri adalah mentornya dalam berbisnis.

Ridwan mengaku kenal Bunda Putri sejak tahun 2010. Menurut dia, Bunda Putri bukan hanya seorang mentor bisnis, tapi juga orang yang berpengaruh di PKS. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found