Danjen Kopassus: Saya Akan Dukung Prajurit Saya

Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo.
Sumber :
  • www.kopassus.mil.id

VIVAnews - Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Mayor Jenderal Agus Sutomo, menyatakan akan terus mendukung lima tersangka penyerbu Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Minister Subianto Inspects the State Palace Building at IKN Nusantara

Rencananya kelima tersangka yang merupakan anggota aktif Kopassus ini akan menjalani sidang putusan pada 5 September.

"Saya akan mendukung semua prajurit saya. Mereka telah mengakui kesalahnnya dan siap menjalankan hukuman," katanya di sela pelatihan penanggunangan teroris PBB dan BNPT, Sentul, Bogor, Selasa, 3 September 2013.

Selain itu, Agus juga mengatakan dukungan masyarakat Yogyakarta terhadap pembunuhan para preman di dalam penjara ini juga di luar dugaan. Dukungan inilah yang membuat para prajurit ini tegar menjalani sidang. "Saya berterimaksih untuk masyarakat Yogyakarta," katanya,

Sebelumnya Sersan Satu Tri Juanto, Sersan Satu Anjar Rahmanto, Sersan Satu Martinus Roberto, Sersan Satu Suprapto, dan Sersan Satu Hermawan Siswoyo pada 15 Agustus lalu mengakui perbuatannya di depan oditur militer telah menyerang Lapas Cebongan dan membunuh Dicky Cs, tersangka pengeroyokan hingga tewas anggota Kopassus Heru Santosa. Meski demikian, kelima terdakwa minta hakim menjatuhkan hukuman ringan.

Sementara itu, penasehat para terdakwa, Letkol Y Supriyadi, menyampaikan kelima kliennya tidak terbukti bersalah. Mereka tidak mengetahui, merencanakan, serta membantu dalam peristiwa berdarah tersebut.

"Mohon majelis hakim membebaskan para terdakwa dari segala tuntutan. Mereka mengakui keterlibatannya, berbuat baik dalam persidangan, mendapat dukungan masyarakat Yogyakarta, dan merupakan tulang punggung keluarga," katanya.

KPU Bakal Umumkan Hasil Pilpres 2024, Gibran Imbau Pendukungnya Tak Euforia Berlebihan
MoU Universitas Leiden Delf Erasmus dengan OIKN

Otoritas IKN Kerjasama dengan Universitas Leiden Belanda

Sebagai hasil konkret pertama dari kemitraan antara Otorita IKN dan LDE Universities, sebuah tim lintas disiplin dari Belanda akan berpartisipasi dalam konferensi IKN.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024