NASIONAL

VIDEO: Siapakah Sengman dan Bunda Putri?

Sengman besar di Sumatera Selatan. SBY pernah jadi Pangdam di sini.

ddd
Senin, 2 September 2013, 12:59
Ridwan Hakim saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, 29 Agustus 2013 lalu.
Ridwan Hakim saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, 29 Agustus 2013 lalu. ( ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

VIVAnews - Kesaksian Ridwan Hakim, putra petinggi Partai Keadilan Sejahtera, Hilmi Aminuddin, dalam sidang tersangka Ahmad Fathanah membuka babak baru kasus suap penambahan kuota impor sapi.

Rekaman antara Ridwan dan Fathanah yang diputar dalam sidang mengungkap dua nama baru, Sengman dan Bunda Putri. Ridwan sempat mengungkap Sengman adalah orang suruhan orang nomor satu di negeri ini. Sementara Bunda Putri yang disebut-sebut sangat 'berkuasa' dan 'menentukan' masih misterius.

Siapakah kedua orang ini sebenarnya?

Menurut Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, ucapan Ridwan bahwa Sengman merupakan orang dekat Presiden SBY merupakan hal yang benar. "Dia besar di Sumatera Selatan," kata Rizal. Lihat videonya di sini.

Segman, kata Rizal, mengenal SBY saat ayah dua anak itu menjabat Pangdam di Sumatera Selatan. Peran Sengman sangat besar, terutama dalam membantu pembiayaan di awal SBY masuk ke dunia politik.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, telah membantah pernyataan Ridwan bahwa ada utusan Presiden bernama Sengman yang terlibat dalam kasus suap daging sapi yang melibatkan mantan Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaq.

"Kami tidak pernah mendengar nama itu sebagai utusan presiden. Itu saya pastikan. Kalau di dalam itu ada pernyataan-pernyataan, itu silakan proses pengadilan," kata Julian di kompleks kepresidenan, Jumat 30 Agustus 2013.

Julian menegaskan, tidak ada staf presiden yang bernama Sengmen. Seluruh staf presiden memiliki dasar hukum yang jelas dan pemilihannya berdasarkan bidang yang diperlukan. "Kalau ngomong utusan presiden, enggak jelas, mungkin bukan presiden Pak SBY saya kira. Presiden banyak, presiden taksi, presiden perusahaan."

Sekretaris Kabinet Dipo Alam yang namanya juga ikut disebut-sebut dalam rekaman itu mengaku tidak kenal Sengman sama sekali.

Dan, siapakah Bunda Putri?

Entah siapa nama aslinya. Tapi si Bunda ini tampaknya menjadi tokoh penting dalam kasus dugaan suap impor sapi. Ia juga tampak sangat dihormati para petinggi PKS.

Jati dirinya hanya terungkap sekilas saat Ridwan bersaksi. Ridwan mengenal si Bunda Putri ini dan menyebutnya sebagai pembimbing dalam berbisnis sejak 2010. Saat ini, Ridwan mengelola bisnis konveksi di Bandung, Jawa Barat. Kebetulan, Bunda Putri juga merupakan seorang pengusaha.

Dan yang menarik, Bunda Putri ternyata bukan hanya seorang mentor bisnis, tapi juga dikenal sebagai sosok berpengaruh. Sehari setelah tertangkapnya Ahmad Fathanah oleh KPK, 29 Januari 2013, Bunda Putri sempat memanggil Presiden PKS saat itu dijabat Luthfi, ke rumahnya di kawasan Pondok Indah untuk menanyakan langsung kasus ini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com