NASIONAL

Presiden Lantik Moeldoko Jadi Panglima, Budiman KSAD

Presiden juga akan melantik KSAD baru yang dijabat oleh Letjen Budiman

ddd
Jum'at, 30 Agustus 2013, 06:53
Jenderal Moeldoko hari ini dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden di Istana Negara.
Jenderal Moeldoko hari ini dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden di Istana Negara. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Moeldoko dan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (KSAD) Letjen Budiman di Istana Negara, Jakarta, Jumat 30 Agustus 2013.

Menurut jadwal Biro Pers Istana Kepresidenan, pelantikan akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.

"Pelantikan Panglima TNI dilakukan bersamaan dengan pelantikan KSAD di Istana Negara," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.

Seperti diketahui, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono telah memasuki masa pensiun. Presiden menunjuk Jenderal Moeldoko yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD, sebagai Panglima TNI menggantikan Agus.

Sementara posisi KSAD digantikan oleh Letjen Budiman. Budiman sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Kementerian Pertahanan.

Pada Selasa 27 Agustus 2013, Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui pengangkatan Jenderal Moeldoko menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia. 

"Menyetujui Jenderal Moeldoko sebagai Panglima TNI," kata Wakil Ketua Komisi I Tubagus Hasanudin dalam sidang paripurna DPR.

Tb Hasanudin menjelaskan, sembilan fraksi di Komisi I DPR bulat menyepakati hal tersebut setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan. Hari itu juga, surat persetujuan langsung dikirimkan DPR kepada Presiden.

Dalam jabatan barunya ini, Moeldoko menjamin netralitas kesatuannya dalam Pemilu 2014. Moeldoko menegaskan prajuritnya juga siap mengamankan pesta demokrasi tahun depan.

"Seluruh prajurit dalam pesta demokrasi memberikan kontribusi terbaik dan ada pada posisi sangat netral. Tidak hanya netral tapi sangat netral," tegas dia.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id