Pasca Konflik Internal, Raja Solo Gelar Silaturahmi

Raja Paku Buwono XIII Hangabehi
Sumber :
  • Vivanews/Fajar Sodiq (Solo)
VIVAnews
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto sebut 3,2 Juta Orang Indonesia Main Judi Online
- Pasca konflik internal yang melanda Keraton Surakarta, Kamis malam Raja Paku Buwono XIII Hangabehi menggelar silaturahmi dengan ratusan warga Baluwarti di Dalem Purwodiningratan. Acara itu digelar sebagai ucapan terima kasih sang raja kepada kepedulian warga Baluwarti dalal konflik keraton Senin malam lalu.

Budi Arie Sebut Hak PDIP Nyatakan Jokowi-Gibran Bukan Kader Lagi

Seperti diketahui pada saat konflik terjadi antara kubu Paku Buwono XIII dengan kubu Dewan Adat, warga sempat terlibat dalam pengusiran pesilat yang didatangkan oleh Dewan Adat. Merasa jengah, warga pun menolak kehadiran para pesilat tersebut. Alhasil pasca pendobrakan pintu masuk sasono putro, para pesilat itu pun dievakuasi dengan pengawalan ketat untuk kembali ke daerah asalnya.
Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui


Pantauan
VIVAnews,
ratusan warga Baluwarti berdatangan ke Dalem Purwodiningratan yang terletak di sebelah barat dari bangunan keraton. Para warga sangat antusias menghadiri acara tersebut, mengingat pertemuan antara raja dengan warga di sekitar keraton ini jarang terjadi.


Selain  Paku Buwono XII, silaturahmi itu juga dihadiri oleh Maha Menteri, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Panembahan Agung (KGPH PA) Tedjowulan, juru bicara Paku Buwono XIII, Bambang Pradotonagoro serta sentana dalem.


KGPH PA Tedjowulan mengatakan acara ini digelar sebagai bentuk ucapana terima kasih raja kepada warga Baluwarti, karena pada saat terjadi konflik ikut mengamankan raja.


 "Raja sangat berterima kasih kepada warga karena warga Baluwarti ikut mengusir orang-orang dari luar yang tidak berkepentingan," kata dia.


Pada acara silaturahmi ini, lanjut dia, warga juga diminta untuk menyampaikan pendapat dan keluh kesah mengenai masalah keraton. Hal ini sebagai masukan yang akan disampaikan kepada sang raja. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya