Bunda Putri, Sosok Misterius di Kasus Impor Daging

Ridwan Hakim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
VIVAnews -
Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare
Saksi Ridwan Hakim mengungkap nama 'Bunda Putri' dalam perkara suap pengurusan penambahan kuota impor daging di Kementerian Pertanian. Sosok misterius Bunda Putri yang diungkap Ridwan ternyata memiliki peran dalam kasus korupsi yang menyeret mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq itu.

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

Ridwan mengenal Bunda Putri sejak tahun 2010. Ia mengenal Bunda Putri sebagai pembimbingnya dalam berbisnis. Saat ini, Ridwan mengelola bisnis konveksi di Bandung, Jawa Barat. Kebetulan, Bunda Putri juga merupakan seorang pengusaha.
Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024


"Dia punya perkebunan pinang di Kalimantan," kata Ridwan saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 29 Agustus 2013. Ridwan bersaksi dalam sidang dugaan suap terkait penambahan kuota impor daging bagi PT Indoguna Utama. Duduk sebagai terdakwa adalah orang dekat Luthfi, Ahmad Fathanah.


Menariknya, Bunda Putri ternyata bukan hanya seorang mentor bisnis tapi juga dikenal sebagai sosok berpengaruh di PKS. Itu terbukti sehari setelah tertangkapnya Ahmad Fathanah oleh KPK, Bunda Putri sempat memanggil Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq ke rumahnya di kawasan Pondok Indah.


"Dia (Bunda Putri) tanya ada apa itu semalam, saya dengar dari media dikaitkan dengan kementerian. Ustaz Luthfi bilang saya sudah cek itu swasta ke swasta tidak terkait kementerian," ujar Ridwan mengutip percakapan Luthfi dan Bunda Putri.


Bahkan dalam keterangan di berita acara pemeriksaan, Ridwan Hakim mengaku ada seorang menteri pernah berkunjung ke rumah Bunda Putri pada 27 Januari 2013. Menteri tersebut berada di rumah Bunda Putri hingga pukul satu dinihari. Sayangnya, Ridwan tidak menjelaskan siapa menteri yang dimaksud. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya