KPK Telusuri 18 Anggota DPR yang Diduga Terlibat Korupsi Hambalang

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Ada 18 anggota DPR yang diduga terlibat penyimpangan persetujuan anggaran proyek pembangunan pusat olahraga, Hambalang, Jawa Barat.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto dalam keterangan pers Rabu 28 Agustus 2013, mengatakan akan mendalami inisial yang disebutkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Investigasi Tahap II (LHP II Badan Pemeriksaan Keuangan).

"Yang saya baca, ada sekitar 18 nama. Tapi di situ (laporan) tidak disebut berasal dari mana dan itu inisial. Di situ secara umum dijelaskan apa perannya," kata Bambang.

Bambang mengatakan, inisial itu akan ditelusuri nama sebenarnya. "Jangan sampai salah memberikan identifikasi," katanya.

Selain itu, kata dia, KPK akan terlebih dulu melihat apakah para anggota DPR yang diduga terlibat pernah dijadikan saksi atau belum selama kasus ini diproses.

"Kalau sudah akan dilihat apakah keterangan yang ada di laporan itu sudah in-line, atau ada informasi lain yang harus dikembangkan. Itu prosesnya sedang berjalan," Bambang menjelaskan.

KPK sendiri masih berkordinasi dengan BPK untuk menguak orang-orang yang terlibat dalam kasus Hambalang. Tidak hanya itu, Bambang berharap dalam waktu yang tidak lama lagi, permohonan yang diajukan kepada BPK sudah didapatkan jawabannya.

"Tetapi kami ingin menggunakan hasil audit investigatif tersebut sebagai pengayaan dari proses yang sudah dilakukan di KPK," tuturnya. [Baca selengkapnya: ] (eh)

Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024