Gempa 5,5 SR Guncang Pesisir Selatan Sumbar

Banjir bandang di pesisir selatan Padang, Sumatera Barat
Sumber :
  • Mariadi/Warga Painan, Sumatera Barat
VIVAnews
Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan
- Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 Skala Richter menguncang Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu, 28 Agustus 2013. Warga berhamburan keluar rumah.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa terjadi di 74 kilometer di barat laut Sungai Penuh, Jambi. Kedalaman gempa 24 kilometer. Pusat gempa berada di dekat pantai dan tidak berpotensi tsunami.
Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024


"Posko BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) telah melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan BPBD Sumatera Barat dan BPBD Pesisir Selatan. Pusat gempa di Kecamatan Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.


Menurut Sutopo, gempa dirasakan sangat keras, menghentak, disertai suara menderu selama 30 detik.


Hingga saat ini belum ada laporan tentang kerusakan bangunan dan korban. Daerah yang terkena gempa sebagian besar adalah perkebunan kelapa sawit.


Berdasarkan peta guncangan gempa, intensitas gempa cukup kuat, yakni IV-V MMI. Sebelumnya, gempa pernah terjadi hingga VI MMI. Ketika itu gempa berkekuatan 7,5 SR pada  12-13 september 2007 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya