Atasi Ketakutan Si Kecil

VIVAnews - Ketakutan yang dialami si kecil merupakan hal yang alami. Terkadang ketakutan tersebut disebabkan oleh sesuatu hal seperti suasana gelap atau petir. Tetapi jika ketakutan mereka berlebihan hingga menyebabkan depresi dan paranoid, itu tidak wajar.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Bila kondisi tersebut terjadi pada anak Anda, atasi dengan tips Dr. Marrilyn Campbell dari Universitas Teknologi Queensland berikut ini:

1. Ajari anak agar bisa menjaga dirinya sendiri. Tanamkan kepercayaan diri pada mereka, sehingga keberaniannya timbul dan menjadi berani serta mandiri.

2. Diskusikan pada anak tentang peristiwa atau hal yang membuat mereka takut. Jelaskan dengan sabar dan tanamkan bahwa mereka berani dan dapat mengatasi ketakutannya.

3. Selalu tanyakan kegiatan anak, buat mereka merasa nyaman untuk menceritakannya pada Anda. Melalui ceritanya, Anda bisa mengetahui hal apa saja yang membuat mereka takut.

4. Atasi ketakutan anak dengan banyak bermain. Saat bermain Anak akan berimajinasi dan merasa senang, sehingga lupa akan rasa takutnya.

5. Jika si kecil sudah bisa mengatasi ketakutannya berikan penghargaan kecil, seperti pelukan hangat atau sebatang coklat. Perhatian itu akan membuatnya menyadari dukungan moral dari orang tercinta.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024