Mendagri Lantik Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jateng

Gamawan Fauzi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melantik pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018. Pelantikan digelar dalam Rapat Paripurna DPRD Jateng di Semarang, Jumat pagi 23 Agustus 2013.

Pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas. Dalam pelantikan itu, Mendagri mengatakan, proses Pemilukada Jateng pada 26 Mei lalu patut dipuji sebab minim gesekan. Bahkan, lanjut Mendagri, tak ada gugatan atas kemenangan Ganjar-Heru itu. "Tentu ini akan mempercepat proses konsolidasi," kata Mendagri.

Mendagri menambahkan, selama ini Provinsi Jateng sudah banyak menunjukkan kemajuan. Salah satunya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sudah mencapai angka 72,77 persen. Meski demikian, lanjut Mendagri, gubernur dan wakilnya punya pekerjaan dan tantangan cukup besar mengingat Jateng memiliki jumlah penduduk miskin hingga 4,6 juta jiwa, atau 14,9 persen. "Angka ini masih lebih tinggi daripada rata-rata nasional yang hanya 11,66 persen," ucap Mendagri.

Karena itu, Mendagri berharap Ganjar-Heru harus bisa memegang janji kampanye untuk tidak korupsi dan tidak berbohong. "Mboten ngapusi lan mboten Korupsi, semoga ini benar-benar terwujudkan," kata Mendagri yang agak kagok saat melafalkan tagline kampanye Ganjar-Heru dalam Bahasa Jawa itu.

Mendagri menyebut Ganjar sebagai sosok yang pengalaman dalam hal pemerintahan dalam negeri, terutama selama memimpin Komisi II DPR. Sedangkan Heru Sudjatmoko, lanjut Mendagri, memiliki pengalaman sebagai birokrat yang matang. "Harapannya pasangan ini bisa membawa kemajuan bagi Jawa Tengah."

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Aksi protes
Pelantikan Gubernur Jateng ini diwarnai aksi protes dari sekelompok masyarakat. Sekelompok anak muda yang datang bersama para petani, mengenakan topeng Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko di taman KB Semarang.

Nanang Setyono, salah satu pendemo menyebutkan bahwa pelaksanaan pesta rakyat merupakan salah satu bentuk inefisiensi anggaran. Pesta pelantikan Gubernur Jateng di 3 tempat --di gedung DPRD, Jalan Pahlawan, dan Sekretariat DPD PDI Perjuangan-- dinilai sebagai bentuk pemborosan.

"Saya lihat, pesta rakyat ini merupakan pesta kelompok tertentu. Lalu mana pesta rakyatnya?" Kata Nanang.

Selain mengkritik pelaksanaan pesta rakyat, Nanang juga menunjukkan bahwa anggaran yang disediakan dan dipublikasi hanya digunakan separuhnya itu, sebagai pembohongan.

"Tagline Ora Ngapusi, Ora Korupsi, justru dikhianati pada pelantikan hari ini," katanya. (eh)

PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024