Komite Konvensi Pastikan Dana Konvensi Demokrat Halal

Konvensi Capres Demokrat 2014
Sumber :
VIVAnews
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
- Komite konvensi capres Partai Demokrat menampik isu yang mengatakan bahwa uang suap SKK Migas mengalir untuk konvensi capres Demokrat. Menurut mereka, dana yang digunakan dalam penjaringan capres ini adalah dana yang "bersih".

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

"Dana-dananya berasal dari sumber-sumber yang halal dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Jadi, jangan khawatir soal itu," kata anggota komite bidang program dan acara, Hinca Pandjaitan, kepada wartawan usai rapat komite konvensi yang keempat di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta, Senin malam, 19 Agustus 2013.
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru


Pernyataan serupa juga dilontarkan anggota komite bidang media dan sosialisasi, Didi Irawadi Syamsuddin. Didi menegaskan tiga hal terkait isu tersebut. Pertama, komite konvensi menyatakan bahwa tidak ada kaitannya uang suap SKK Migas mengalir ke dana konvensi .


"Kami saja baru mengalokasikan bujet kami. Kedua, yang sudah disebutkan di masyarakat oleh saudara RR (Rudi Rubiandini) sudah dibantah olehnya melalui KPK," katanya.


Sementara yang ketiga, asas penyelenggaraan konvensi kata Didi adalah keterbukaan. Wakil ketua komite, Taufiqqurahman Ruki adalah jaminannya.


"Beliau adalah mantan ketua BPK. Kami ingin berikan pesan bahwa komite ini punya komitmen kuat untuk konvensi ini, maka fakta adalah sah dan halal, dipertanggungjawabkan, terbuka, dan bisa diakses," kata Didi.


Sebelumnya, ada isu yang beredar bahwa uang suap yang diterima mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini, digunakan untuk konvensi capres partai ini. Pernyataan ini langsung dibantah para petinggi Demokrat. Sebut saja Ketua Harian Partai Demokrat, Syarif Hassan, dan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jero Wacik. Kedua orang ini langsung menepis anggapan tersebut.


"Sumber dana dijamin halal," ujar Syarif sebelum pidato kenegaraan memperingati hari kemerdekaan RI di Gedung DPR RI, Jakarta, 16 Agustus 2013.


Syarif menambahkan bahwa biaya konvensi ini merupakan hasil patungan dari para kader partai berlambang bintang mercy itu. Menteri Koperasi dan UKM ini juga turut menyumbang anggaran tersebut, tapi dia enggan menyebutkannya.

"Kalau menteri, kan, gajinya sedikit," kata suami Ingrid Kansil ini.


Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga menjabat Menteri ESDM, Jero Wacik, juga telah membantah spekulasi suap SKK Migas itu ditujukan untuk dana konvensi Demokrat.


"Tak ada urusannya dengan partai. Sudah biasa, di awal kasus selalu dikait-kaitkan begini," kata Wacik yang sekaligus Ketua Komite Pengawas SKK Migas itu. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya