Dua Ribu TPS Rawan di Pilkada Jawa Timur

Tiga pasang peserta Pilkada Jawa Timur
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Polda Jawa Timur mewaspadai  1.237 tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Timur yang masuk klasifikasi sangat rawan di Pemilihan Kepala Daerah Jatim yang digelar 29 Agustus 2013 nanti. Puluhan ribu aparat keamanan dikerahkan untuk mengamankan pilkada ini nanti.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Total ada 71.027 TPS, untuk yang 2.142 TPS masuk dalam kategori rawan. Kami akan mewaspadai dengan menggunakan pola pengamanan yang berbeda untuk masing-masing TPS sesuai dengan klasifikasinya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jatim Komisaris Besar Awi Setiyono, Kamis 15 Agustus 2013.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


Menurutnya, pola pengamanan di TPS sangat rawan dilakukan dengan menyiagakan satu polisi dan dua orang Linmas di satu TPS. Untuk TPS rawan disiagakan satu orang polisi dan 4 orang Linmas di dua TPS. Sedangkan untuk TPS aman yang berjumlah 67.648 disiapkan satu orang polisi dan 8 Linmas untuk empat TPS.


"Untuk yang kategori aman, polanya dengan pola mobile, bergerak dari TPS ke TPS, karena ada 4 TPS yang diawasi," katanya.


Sementara terkait dengan kriteria kerawanan, menurut Awi, berdasarkan aspek geografis seperti daerah pegunungan, kepulauan atau yang menggunakan alat transportasi air yang berpotensi munculnya ancaman.


Polda Jawa Timur sendiri mengerahkan 26.531 personel untuk melakukan pengamanan selama 51 hari, mulai masa kampanye, distribusi logistik, pemungutan suara hingga pasca penghitungan suara. Polisi juga dibantu oleh 7.200 personel TNI dan 142.054 Linmas di seluruh Jawa Timur.


Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, jumlah pemilih tetap yang akan menggunakan hak suaranya sebanyak 30.019.300 orang. "Kami akan terus kawal agar proses Pilkada ini berjalan dengan aman dan demokratis," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya