Polri: Kecelakaan Selama Lebaran Didominasi Kendaraan Roda Dua

Puncak arus balik
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah
VIVAnews -
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Kecelakaan lalu lintas arus mudik hingga arus balik Lebaran tahun ini masih relatif tinggi. Dalam catatan Polri, Senin 12 Agustus 2013, kecelakaan di jalan raya itu dodominasi oleh kendaraan roda dua.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

"Jumlah kendaraan yang terlibat lakalantas (kecelakaan lalu lintas) selama operasi ketupat 2013 terdapat 4.054 kasus," kata Kombes Pol Agus Riyanto, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri di kantornya.
Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali


Kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas itu meliputi 2.830 sepeda motor, 653 mobil penumpang, 291 mobil barang, 159 bus, 15 kendaraan khusus serta 106 kendaraan tidak bermotor.


Menurut Agus, dibandingkan Lebaran tahun lalu, kecelakaan saat arus Lebaran tahun ini mengalami penurunan, khususnya yang melibatkan sepeda motor.


"Ada penurunan 20 persen, yakni 3.549 lakalantas yang melibatkan sepeda motor tahun lalu," kata Agus.


Sedangkan, kecelakaan yang melibatkan mobil penumpang mengalami kenaikan satu persen, yang mana tahun lalu hanya 648 kasus.


Sementara, kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada H+3 Lebaran, Minggu 11 Agustus 2013, tercatat 242 kejadian. "47 jiwa meninggal dunia, 101 luka berat, dan 399 luka ringan," lanjut Agus.


Faktor dominan terjadinya kecelakaan lalu lintas saat arus Lebaran, lanjut Agus, disebabkan karena kelelahan yang menimbulkan ngantuk saat berkendara.


"Yang dominan menjadi penyebab utama kecelakaan adalah karena mengantuk," ungkap Agus. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya