Rokatenda di NTT Meletus, Warga Diungsikan dari Pulau Palue

Satelit NASA memfoto letusan Gunung Rokatenda 29 April 2013
Sumber :
  • NASA
VIVAnewa -
Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...
Hingga Senin 12 Agustus 2013, tim gabungan terus mengevakuasi warga yang tinggal di sekitar Gunung Rokatenda, Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Sabtu lalu, Gunung Rokatenda meletus.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

"Hingga hari ini sudah 511 jiwa yang dievakuasi ke Maumere," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang


Dia menambahkan, sebagian besar warga yang diungsikan berasal dari kampung Koa, Desa Rokirole dan Nitung di Desa Nitunglea. Mereka kemudian dibawa ke titik aman melalui Pantai Cua di Desa Nitunglea.


"Evakuasi sudah berlangsung sejak Minggu kemarin sampai hari ini. Evakuasi menggunakan enam kapal motor yang telah disiapkan Pemda Sikka dan aparat di Palue."

 

Di Maumere pengungsi ditempatkan untuk sementara di tenda-tenda di lapangan dan aula Kantor Bappeda Sikka. Nantinya, imbuh Sutopo, pengungsi akan disebar ke beberapa gedung yang lebih memadai. "Makanan pengungsi masih mencukupi hingga empat hari ke depan."

 

BNPB  telah mengirimkan bantuan logistik ke Maumere berupa 20 ribu masker, 500 paket sandang, 500 paket family kit, 500 paket
kid ware
, dan 1.000 selimut. "Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah tikar, air bersih, air mineral, permakanan, dan masker." (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya