150 Lebih Turis di Pantai Parangtritis Jadi Korban Ubur-ubur Beracun

Seorang bocah terserang ubur-ubur di Pantai Parangtritis, DIY, sedang diobati
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Di hari terakhir libur panjang Lebaran, ribuan wisatawan menjejali obyek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, nasib nahas menimpa ratusan wisatawan setelah mereka mengerang kesakitan lantaran disengat ubur-ubur beracun di bibir pantai itu.

Ada pula anak-anak yang tak kuasa menahan tangis, meronta-ronta kesakitan, karena terasa gatal dan rasa sangat panas di permukaan kulit yang tersengat racun.

"Hingga menjelang sore lebih dari 150 wisatawan yang tumbang tersengat ubur-ubur," kata Taufik M Faqi, Sekretaris Tim Sar Pantai Parangtritis, Minggu 11 Agustus 2013.

Sebagian besar korban sengatan itu adalah anak-anak yang bermain di sekitar bibir pantai atau mandi di laut.

"Bahkan, beberapa anak nekat dan sengaja bermain dengan ubur-ubur beracun itu, karena bentuknya lucu. Seperti gelembung udara berwarna putih kebiru-biruan dan mengapung di air," jelasnya.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Pertolongan Dini

Bagi wisatawan yang tersengat ubur-ubur, petugas SAR langsung memberikan pertolongan dini dengan menyeka bagian kulit yang terinfeksi dengan ramuan tradisional dicampur air hangat.

"Dalam kurun waktu 15 hingga 20 menit, korban yang tersengat ubur-ubur akan berangsur pulih," papar Taufik.

Dia mengatakan, petugas SAR melalui alat pengeras suara sebenarnya telah mengingatkan para wisatawan agar berhati-hati dengan ubur-ubur beracun karena pada bulan ini spesies itu akan merapat ke bibir pantai.

"Namun, peringatan itu tak diindahkan oleh wisatawan," pungkasnya. (ren)

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024