Gunung Rokatenda di NTT Meletus Lagi, 5 Tewas

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Sikka, NTT meletus
Sumber :
  • Antara/ Molan
VIVAnews
Harga Kembang Pala Meroket hingga Ratusan Ribu Gegara Bumbu Masakan Diburu
– Gunung Rokatenda di Pulau Palue Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur kembali meletus, Sabtu 10 Agustus 2013. Tinggi abu letusan antara 1.500-2.000 meter dari puncak Gunung Rokatenda. Letusan dengan suara keras disertai semburan kerikil, abu vulkan, dan gempa vulkanik.

Otoritas IKN Kerjasama dengan Universitas Leiden Belanda

Letusan ini dilaporkan lebih besar daripada letusan sebelumnya. Masyarakat sekitar pun panik. Hingga siang hari masih terlihat awan panas guguran menuju arah utara. Arah luncuran awan panas ini tidak seperti biasanya yang mengarah ke selatan hingga pantai.
Minister Subianto Inspects the State Palace Building at IKN Nusantara


Awan panas mengalir dari Woje Wubi sampai Pantai Cua, paling parah di Ko'a Desa Rokirole dan Nitunglea. “Sebanyak 5 orang tewas akibat awan panas, dengan rincian 3 korban tewas sudah ditemukan dan 2 sisanya masih dalam pencarian,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.


Bupati Sikka bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT telah berada di lokasi dan melakukan penanganan darurat.


Status Gunung Rokatenda masih ditetapkan Siaga oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Gunung Rokatenda meletus sejak Oktober 2012. Abu letusan tersebar dalam pulau bergantung arah angin. Gunung ini berada di Pulau Palue yang berdiameter sekitar 8 kilometer.


Saat Gunung Rokatenda berstatus siaga, masyarakat diminta tak beraktivitas dalam radius 3 km. Di Pulau Palue saat ini bermukim sekitar 10 ribu jiwa. Kondisi pulau tersebut berbahaya karena selalu terancam letusan Rokatenda. Ketersediaan air tanah sangat minim dan lahan pertanian kurang subur karena lapisan tanahnya tipis.


Akibat letusan Rokatenda, sejak Oktober 2012 sebanyak 782 kepala keluarga (2.754 jiwa) mengungsi keluar dari Pulau Palue ke Kabupaten Ende dan Sikka. BNPB telah memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp14,7 miliar kepada Pemda Ende dan Pemda Sikka untuk membangun relokasi dan hunian tetap pengungsi. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya